16 Rajab 1444  |  Selasa 07 Februari 2023

basmalah.png

10 Jenis Makanan Untuk Melawan Kanker

10 Jenis Makanan Untuk Melawan KankerFiqhislam.com - Kanker menjadi momok bagi sebagian besar masyarakat. Tanpa disertai gejala-gejala yang signifikan, kanker bisa langsung merenggut nyawa seseorang.

Tentunya, setiap orang akan berupaya untuk melawan penyakit berbahaya ini. Antara lain dengan menjalani gaya hidup sehat, olahraga dan makan makanan bergizi.

Berikut ini, 10 jenis makanan yang mampu memerangi kanker, seperti melansir webmd:

Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran kaya nutrisi untuk memerangi kanker. Makanan ini dapat membantu menurunkan risiko kanker, termasuk kanker usus besar, esofagus, dan kanker ginjal. Selain itu juga untuk mempertahankan berat badan ideal. Tetapi, penting diingat untuk mengonsumsi jenis buah dan sayuran beraneka warna.

Gandum

Folat adalah vitamin B yang penting untuk melindungi diri dari kanker usus besar, rektum, dan payudara. Anda dapat menemukannya dalam gandum, yang kaya folat. Begitu juga jus jeruk, melon, dan stroberi.

Asparagus

Sumber lain folat adalah asparagus dan telur. Anda juga dapat menemukannya pada jenis kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan sayuran berdaun hijau seperti bayam. Cara terbaik untuk mendapatkan folat bukan dari pil, tapi dengan makan cukup buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Tomat

Lycopene, pigmen yang memberikan warna merah pada tomat rupanya bisa mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat. Tetapi perlu diingat juga bahwa produk olahan tomat seperti jus, saus, atau pasta meningkatkan potensi melawan kanker.

Teh Hijau

Teh, terutama teh hijau, juga bisa melawan kanker. Dalam studi laboratorium, teh hijau telah memperlambat atau mencegah perkembangan kanker pada sel usus, hati, payudara, dan prostat. Ini juga memiliki efek yang sama pada jaringan paru-paru dan kulit. Dan dalam beberapa studi jangka panjang, teh dikaitkan dengan risiko lebih rendah untuk kanker kandung kemih, perut, dan pankreas.

Anggur

Anggur, terutama anggur ungu dan merah, mengandung resveratrol, yang kaya antioksidan kuat dan anti-inflamasi. Dalam studi laboratorium, mampu mencegah jenis kerusakan yang dapat memicu proses sel kanker.

Air Putih

Air putih memang kaya manfaatnya, selain memuaskan dahaga, juga dapat melindungi Anda dari kanker kandung kemih.

Kacang-kacangan

Kacang sangat baik untuk Anda, karena mengandung beberapa phytochemical kuat yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel-sel pemic kanker. Di laboratorium, zat ini memperlambat pertumbuhan tumor dan mencegah tumor untuk melepaskan zat yang merusak sel-sel di dekatnya.

Kubis

Segala jenis sayuran dari famili kubis, seperti brokoli, kembang kol, kubis, kubis Brussel, bok choy, dapat membantu tubuh Anda bertahan melawan kanker seperti usus besar, payudara, paru-paru, dan leher rahim.

Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau tua seperti sawi, selada, kangkung, sawi putih, bayam, dan lobak memiliki banyak serat, folat, dan karotenoid. Nutrisi ini dapat membantu melindungi terhadap kanker mulut, laring, pankreas, paru-paru, kulit, dan perut.

yy/inilah