27 Dzulqa'dah 1443  |  Senin 27 Juni 2022

basmalah.png

5 Minuman Pemicu Asam Urat

5 Minuman Pemicu Asam Urat

Fiqhislam.com - Minuman yang menyebabkan asam urat dapat dihindari jika Anda tak ingin terkena penyakit yang lazim menyerang persendian itu. Setidaknya ada lima jenis minuman yang bisa sebabkan asam urat, salah satunya kopi yang mengandung banyak kafein.

Asam urat merupakan penyakit yang sering dialami masyarakat. Penyakit ini bentuk umum dari radang sendi yang dapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat di sendi-sendi tulang, tapi umumnya di jempol kaki.

Jika asam urat dibiarkan, salah satu masalah serius yang bisa terjadi adalah kerusakan sendi permanen. Kalau sudah begitu, mobilitas Anda akan terganggu dan ini memengaruhi kualitas hidup Anda.

Secara umum asam urat tidak ada obatnya. Untuk itu, kontrol diri menjadi penting di sini, termasuk memastikan apa yang Anda makan dan minum sehari-hari.

Ya, penelitian menjelaskan ada beberapa minuman yang sebabkan asam urat. Dilansir dari laman Arthritis Foundation dan Everyday Health, berikut minuman yang bisa sebabkan asam urat.

1. Minuman Beralkohol

Bir dan jenis minuman beralkohol lain mudah diubah menjadi asam urat di dalam tubuh dan memperlambat eliminasinya. Artinya, asam urat yang terjadi akan lebih lama sembuhnya jika Anda minum bir atau minuman beralkohol.

2. Minuman Manis

Bukan hanya minuman beralkohol, minuman manis seperti soda atau jus buah dengan gula sangat tinggi dapat meningkatkan risiko asam urat.

3. Jus Jeruk

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa jus buah yang mengandung tinggi gula meningkatkan risiko asam urat. Jus jeruk termasuk minuman yang dimaniskan secara alami dan ini memicu asam urat. Jadi, mulai sekarang mulai perhatikan nilai gizi yang tertera di kemasan jus jeruk favorit Anda.

4. Minuman Berkafein

Mengonsumsi minuman berkafein secara berlebihan memicu asam urat hingga 80 persen. Jadi, jika Anda rutin minum kopi atau teh, pastikan jumlahnya tidak berlebihan.

5. Minuman Berenergi

Minuman berenergi sama saja dengan kafein dan minuman kaya gula. Jadi, jika Anda mengandalkan minuman berenergi setiap hari, mulai sekarang mulai bijak pada tubuh sendiri. Terlalu sering minum minuman berenergi meningkatkan risiko asam urat. Besar kemungkinan bahwa minuman berenergi itu dimaniskan dengan fruktosa dan ini yang memicu asam urat. [yy/Muhammad Sukardi/sindonews]