20 Muharram 1444  |  Kamis 18 Agustus 2022

basmalah.png

4 Masalah Kesehatan yang Timbul Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Berminyak

4 Masalah Kesehatan yang Timbul Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Berminyak

Fiqhislam.com - Bukan perkara mudah bagi sebagian orang untuk menghindari makanan berminyak . Pasalnya, hampir setiap makanan yang kita temui mengandung minyak di dalamnya. Hal itulah yang menjadi tantangan bagi kita untuk tetap konsisten dalam menjaga kesehatan tubuh.

Seperti diketahui, banyak sekali makanan berminyak yang sering dijumpai, baik di dapur rumah sendiri maupun di luar rumah. Keadaan seperti inilah yang kerap membuat orang mudah tergoda untuk mencoba dan mengonsumsinya kembali.

Agar makanan berminyak tidak sampai mengganggu kesehatan, Anda harus mengetahui baik buruknya makanan tersebut bila terlalu berlebihan dikonsumsi. Berikut sisi dampak buruknya, seperti dikutip dari laman Hellosehat.

1. Terkena Obesitas

Anda mungkin tidak menyadari dampak buruk dari terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak. Karena memang dampak buruk itu tidak langsung timbul, melainkan di masa yang akan datang baru dirasakan.

Seperti halnya obesitas. Makanan yang mengandung banyak minyak telah menyumbang lemak ke dalam tubuh kita. Sehingga, apabila kita terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak, risiko yang ditimbulkan adalah tubuh akan menjadi gemuk yang kemudian rentan sekali terkena penyakit jantung hingga diabetes.

2. Bakteri Baik dalam Usus Mati

Di dalam tubuh terdapat dua macam bakteri, yakni bakteri baik dan bakteri jahat. Keduanya memiliki peran masing-masing. Bakteri baik sangat berarti bagi tubuh, karena tugasnya melakukan proses pencernaan di dalam tubuh serta melakukan penyerapan zat gizi.

Untuk itu, apabila bakteri baik yang terdapat di dalam tubuh mati, maka proses pencernaan dan penyerapan zat gizi pada tubuh tidak akan berjalan dengan baik sehingga menimbulkan bakteri jahat lebih banyak lagi. Hal tersebut adalah akibat dari mengonsumsi makanan yang mengandung minyak terlalu banyak.

3. Timbulkan Batuk atau Radang Tenggorokan

Apakah Anda pernah merasakan setelah mengonsumsi makanan berminyak seperti gorengan, tenggorokan terasa kering dan gatal?

Pada dasarnya, batuk bukan hanya ditimbulkan dari flu, melainkan terdapat penyebab lain seperti mengonsumsi makanan berminyak. Apabila Anda membiarkannya dan terus mengonsumsi makanan tersebut, dampaknya akan semakin parah.

4. Gangguan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung minyak dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Pada makanan tersebut terdapat lemak sehingga terjadilah proses pencernaan lemak yang terlalu lama. Pencernaan di dalam tubuh memiliki pekerjaan yang berat saat menghancurkan makanan berminyak. Dari situlah terjadi efek yang ditimbulkan pada perut seperti kembung, mual, hingga sakit perut. [yy/sindonews]