7 Rajab 1444  |  Minggu 29 Januari 2023

basmalah.png

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Epilepsi

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Epilepsi

Fiqhislam.com - Manfaat daun salam untuk kesehatan sangat beragam. Mulai dari mencegah kanker hingga mengobati epilepsi .

Daun salam berasal dari keluarga laurel, keluarga pohon cemara dan semak belukar yang paling sering ditemukan di beberapa bagian Asia dan Amerika. Ini berbeda dari laurel lainnya karena berasal dari dekat Mediterania.

Daun salam telah digunakan dengan berbagai cara sepanjang sejarah. Termasuk sebagai diuretik atau bahkan sebagai yang mengeluarkan keringat. Dilansir dari Healthline, Jumat (6/8) berikut manfaat daun salam untuk kesehatan.

1. Mencegah kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun salam dapat mencegah kanker payudara. Peneliti menemukan bahwa ekstrak dari daun salam dapat membantu membunuh sel kanker dengan membantu apoptosis, atau kematian sel terprogram.

2. Solusi untuk diabetes

Menurut sebuah studi pada 2009, mengonsumsi kapsul yang mengandung 1-3g daun salam setiap hari dapat membantu menurunkan dan mengelola kadar glukosa dan kadar kolesterol pada penderita diabetes .

Ini kemungkinan besar karena daun salam mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan kuat. Informasi yang menjanjikan ini menunjukkan bahwa daun salam dapat membantu mengatur dan bahkan mencegah diabetes dan penyakit kardiovaskular lainnya.

3. Mengobati luka

Studi sejauh ini telah menunjukkan bahwa ekstrak daun dalam dapat mengurangi peradangan di area luka. Percobaan yang telah dilakukan pada tikus ini membuat para ilmuwan optimis bahwa daun salam dapat berfungsi sama pada manusia. Jika demikian, tradisi kuno menggunakan daun ini untuk penyembuhan akhirnya akan memiliki bukti ilmiah.

4. Mencegah batu ginjal

Studi pada tahun 2014 menyelidiki apakah ekstrak daun salam dapat membantu mencegah batu ginjal. Studi tersebut menemukan bahwa, bersama dengan delapan ramuan obat tradisional lainnya, daun salam mampu mengurangi jumlah urease dalam tubuh.

Urease adalah enzim yang dapat menyebabkan beberapa gangguan lambung, termasuk batu ginjal, ketika tidak seimbang. Tetapi para ilmuwan yang melakukan penelitian menyarankan bahwa penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk memahami bagaimana fungsi herbal ini.

5. Mengobati penderita epilepsi

Dalam sebuah studi baru-baru ini, para ilmuwan memutuskan untuk mencoba mencari tahu apakah legenda ini dapat dibuktikan secara ilmiah. Mereka menemukan bahwa ekstrak daun salam memang efektif untuk melindungi tikus dari kejang. Ini mungkin karena komponen kimia ekstrak yang unik.

Para ilmuwan berharap menggunakan penelitian baru ini untuk mulai mempelajari efek ekstrak pada manusia. Misalnya, daun salam mungkin dapat membantu orang yang didiagnosis menderita epilepsi. [yy/republika]