12 Muharram 1444  |  Rabu 10 Agustus 2022

basmalah.png

5 Manfaat Bawang Merah

5 Manfaat Bawang Merah

Fiqhislam.com - Kita sering memakai bawang merah sebagai bumbu masakan. Untuk menumis daging, maupun memasak sayuran.

Bawang merah sejatinya menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, kulit, dan rambut. Mengutip dari Stylecraze, kandungan antioksidan dalam bumbu dapur satu ini sangat kuat sehingga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan kesehatan jantung. Lalu apa saja manfaat lainnya?

1. Mengurangi risiko kanker

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak etil asetat yang ada pada bawang merah dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Ini bisa dimanfaatkan dengan baik dalam bidang pengobatan kanker.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Bawang merah merupakan sumber kalium yang baik yang dapat memperkuat kapiler darah dan bahkan mengatur tekanan darah.

3. Meningkatkan kesehatan otak

Bawang merah adalah sumber nutrisi baik untuk kesehatan otak. Folatnya berkontribusi pada kesehatan mental dan emosional. Pyrithione yang dikandungnya dapat melawan peradangan otak dan meningkatkan aktivitas neurologis. Sedangkan anti-inflamsi dapat membantu mencegah alzheimer.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Sulfur pada bawang merah membantu meremajakan kulit sehingga terlihat awet muda. Selain itu, bisa juga mengoleskan potongan bawang ke area kulit yang tersengat serangga untuk meredakan nyerinya. Atau digunakan untuk mengobati kutil dan bisul.

5. Menjaga kesehatan rambut

Air dari bawang merah membantu pertumbuhan kolagen yang mendukung pertumbuhan rambut. Oleskan airnya pada kulit kepala dan diamkan selama 15 menit lalu bilas.

Untuk rambut berketombe bisa menggunakan campuran air bawang putih, perasan jeruk lemon, mentega susu, dan madu. Usapkan pada rambut dan tunggu hingga 30 menit. Lalu bilas menggunakan sampo antiketombe. [yy/okezone]