25 Dzulqa'dah 1443  |  Sabtu 25 Juni 2022

basmalah.png

Statin Turunkan Risiko Serangan Jantung

Fiqhislam.com - Sebuah studi yang dilaporkan baru-baru ini di Journal of American College of Cardiology, menyebutkan bahwa telah ditemukan obat penurun kadar kolesterol yang dinamakan statin.

Statin Turunkan Risiko Serangan Jantung Dalam hasil penelitian yang juga dikutir dari drugs.com, disebutkan bahwa statin dapat menurunkan risiko serangan jantung sekitar 20 persen.

Dalam penelitian terdahulu, didapati bahwa statin yang meliputin lipitor, lovastatin, dan crestor, hanya efektif digunakan untuk pasien perempuan. Namun, dalam studi terbaru yang diwakili oleh Dr William Kostis, dari divisi kardiologi di Massachusetts General Hospital di Boston, statin dapat digunakan untuk mengobati pasien perempuan maupun laki-laki dengan tingkat kadar kolesterol tinggi.

Penelitian dengan 18 uji klinis yang melibatkan lebih dari 140 ribu pasien perempuan dan laki-laki ini, menggunakan jenis penelitian yang disebut dengan meta analisis.  Dari hasil analisis tersebut, Kostin dan rekannya menemukan sedikit kejadian kardiovaskular dan kematian yang lebih sedikit bagi mereka yang mengkonsumsi statin.

mediaindonesia.com