<
pustaka.png
basmalah.png

„ÄčKESEHATAN

Ingin Sperma Berkualitas? Perbanyak Makan Ikan

Fiqhislam.com - Para pria sebaiknya jangan sembarangan mengonsumsi makanan berlemak. Sebab, berdasarkan hasil studi,  beberapa jenis lemak mampu menurunkan kualitas sperma.

Peneliti dari Massachusetts General Hospital, Amerika Serikat, melibatkan 99 pria. Sebanyak 71 persen di antara mereka kelebihan berat badan alias obesitas. Peneliti menemukan hubungan antara asupan lemak total dengan jumlah dan kualitas sperma.

Pria yang makan lebih banyak lemak Omega-3 tak jenuh ganda memiliki sperma lebih baik. Lemak itu dapat ditemukan pada ikan dan minyak nabati. Sedangkan pria yang mengonsumsi lemak jenuh memiliki sperma 35 persen lebih rendah. Begitu pula dengan konsentrasi sperma yang lebih rendah 38 persen.

"Jika pria bersedia melakukan perubahan pola makan dengan mengurangi jumlah lemah jenuh dan meningkatkan asupan omega-3, ini dapat meningkatkan kesehatan reproduksi mereka juga," kata Jill Attaman, profesor endokrinologi reproduksi. Hasil penelitian itu dipublikasikan di jurnal Human Reproduction edisi Maret 2012.

metrotvnews.com 

top