13 Rajab 1444  |  Sabtu 04 Februari 2023

basmalah.png

Deteksi Sakit Jantung Lewat 30 Detik Tes Mata

Fiqhislam.com - Sebuah pemeriksaan mata terbaru bisa menyelamatkan nyawa dengan mendeteksi penyakit jantung lebih dini. Sebuah studi perintis menemukan hasil pindai pembuluh darah di mata mampu mengidentifikasi tanda-tanda penyakit jantung.

Deteksi Sakit Jantung Lewat 30 Detik Tes MataLebih dari 1.000 pasien dengan penyakit jantung direkrut dalam penelitian. Peneliti mengambil gambar retina mata semua pasien dan memeriksa beberapa indikasi. Antara lain, lebar pembuluh darah atau pembuluh darah yang memiliki cabang tak biasa yang kerap dihubungkan dengan penyakit jantung.

Studi menyimpulkan, cara ini dapat mengidentifikasi apakah pasien berisiko mengalami serangan jantung tanpa perlu melakukan prosedur invasif seperti  biopsi atau angiogram. Prosedur invasif dilakukan dengan kateter untuk mengidentifikasi pembuluh darah dan kerusakan organ.

Studi ini dipimpin oleh University of Edinburgh Clinical Research Imaging Centre (CRIC). Selama studi peneliti menggunakan peralatan Optos yang berbasis perawatan mata digital beresolusi tinggi.

Roy Davis, CEO Optos mengatakan, "Perawatan dan inovasi dalam kesehatan berpotensi besar membantu diagnosis awal mata dan berbagai kondisi penyakit lain seperti jantung dan diabetes," katanya seperti dikutip Female First.

Sementara pemeriksaan mata tradisional hanya mengandalkan pengamatan bagian depan mata, pemeriksaan digital memungkinkan ahli mengamati hingga 82 persen retina.

Dr Tom MacGillivray, seorang peneliti di University of Edinburgh mengatakan, "Masalah mata terkait dengan kondisi diabetes. Kelainan pada pembuluh darah di mata bisa menunjukkan gangguan vaskular di otak."

Dia menambahkan, identifikasi awal pembuluh mata dapat membantu orang yang berpotensi mengalami penyakit jantung. "Hal ini dapat membantu orang untuk mengubah gaya hidup dan sebagai terapi pencegahan."

vivanews.com