9 Jumadil-Awwal 1444  |  Sabtu 03 Desember 2022

basmalah.png

8 Tanda Sakit Kepala Anda Mulai Berbahaya

8 Tanda Sakit Kepala Anda Mulai Berbahaya


Fiqhislam.com - Kebanyakan orang mengalami sakit kepala, paling tidak sekali dalam satu waktu dan berlangsung sebentar. Tapi beberapa orang lain sering mengalaminya. Normalnya, sakit kepala ini hilang dengan sendirinya dan tidak berbahaya. Tapi, jika sakit kepala Anda menunjukkan delapan tanda ini. Bisa jadi sakit kepala Anda menjadi lebih berbahaya dari yang Anda bayangkan. Anda harus mengkonsultasikanya pada seorang dokter jika Anda mendapati tanda-tanda tersebut.

Sakit kepala pertama disertai dengan penglihatan yang memburuk

Giant cell arteritis (GCA), atau arteritis sementara, adalah sebuah gangguan pada pembuluh darah arteri di kepala, terutama ketika menjalar melalui pelipis, kemudian menjadi peradangan. Jika Anda tidak pernah sakit kepala sebelumnya, tapi  tiba-tiba ditemukan diri Anda dengan sakit yang tidak bisa dipercaya yang mengganggu rutinitas harian Anda, ini merupakan tanda GCA.

Menurut sebuah studi tahun 2008 yang dipublikasikan di Canadian Journal of Ophthalmology, jika sakit kepala Anda disertai dengan gangguan penglihatan, ini juga dapat menjadi tanda GCA. Sakit kepala ini berdenyut, sakit kepala yang berat yang biasanya terjadi di atas leher, diantara mata, atau dibelakang kepala. Jika dibiarkan tidak terobati, ini bisa menyebabkan kebutaan dan stroke.

Sakit kepala progresif dengan satu sisi mati rasa dan melemah

Jantung Anda memompa darah menuju otak melalui pembuluh darah arteri, yang mana otak Anda menggunakannya sebagai fungsi dasar. Satu dari fungsi telah selesai, otak mengirimkan darah kembali ke jantung melalui saluran yang disebut venous sinuses. Sinus atau lubang yang menghubungkan rongga hidung dengan batok kepala jadi tersumbat, menyebabkan sebuah kondisi yang disebut cerebral venous thrombosis (CVT). CVT bisa menyebabkan akumulasi darah dan setelah itu terjadi pendarahan di dan sekitar otak. Ini sangat buruk, ini bisa menyebabkan stroke.

Sakit kepala yang berlangsung lama dengan gejala yang lebih buruk selama beberapa hari bahkan sampai seminggu atau lebih bisa disebut CVT. Sebuah sakit kepala yang merupakan gejala paling umum CVT, menurut sebuah studi tahun 2004 yang dipublikasikan di Journal of Nerology, Neurosurgery, and Psychiatry. Salah satu dari karakter yang ditemukan adalah melemahnya dan mati rasanya satu sisi kepala, turun sampai ke bahu dan lengan.

Sakit kepala dengan leher kaku

Meningitis bisa menjadi penyakit fatal dan ini sering berkaitan dengan sakit kepala dengan sebuah sakit yang berat dan leher kaku. Sebanyak 95 persen pasien meningitis dikabarkan mengalami sakit kepala yang terus menerus, leher kaku, demam dan disorientasi mental sebagai gejala utama, menurut sebuah studi tahun 2004 yang dipublikaiskan di The New England Journal of Medicine.

Sakit kepala setelah perilaku seksual yang berbahaya

Jika Anda mengalami sakit kepala bila aktif secara seksual, hati-hatilah. Sakit kepala adalah gejala utama dan gejala yang datang terus-menerus pada  HIV atau human immunodeficiency virus. Sebagai tambahan, gejala kedua adalah sakit kepala seperti sakit kepala sinus biasanya berarti HIV sudah berkembang, merusak sistem imun dan penyakit yang kemungkinan menyerang.

Sakit kepala dengan sakit leher dan wajah

Nadi arteri Anda yang ditemukan sepanjang leher Anda, dapat menjadi menyedihkan. Ini memungkinkan darah masuk ke dalam dan mengisi jarak antar arteri. Ini memisahkan mereka, sebuah isu yang disebut carotid artery dissection (CAD). Darah tersebut kemudian membeku, dan bahkan belakangan ini menyebabkan stroke. Gejala umum CAD terjadi tiba-tiba, sakit kepala hebat dan sakit leher.

Sakit kepala seperti petir

Sebuah sakit kepala seperti petir adalah salah satu sakit kepala yang menyerang tiba-tiba seperti petir yang disertai rasa sakit dalam waktu 60 detik. Sakit kepala ini biasanya bertahan selama atau sampai satu jam. Sakit kepala ini ditandai dengan gejala pendarahan subarachnoid, suatu kondisi yang berpotensi fatal yang mengakibatkan pembuluh arteri diotak bengkak. Ini adalah sakit kepala terburuk. Anda juga mungkin akan mual dan muntah.

Sakit kepala selama atau sesudah seks

Ada beberapa orang yang sakit kepala setelah berhubungan. Anda mungkin mengalami salah satu puncah gairah seksual yang biasanya tidak perlu khawatir akan hal itu. Tapi tetap harus periksa ke dokter. Jenis lainnya adalah rasa sakit berdenyut ketika orgasme. Ini dapat terasa seperti sakit kepala petir yang Anda pelajari sebelumnya tentang rasa sakit dan kejadiannya yang tiba-tiba. Ini dapat menjadi tanda pendarahan, stroke dan tumor.

Sakit kepala setelah cedera

Sakit kepala akan diderita dalam 10 hari setelah cedera mungkin gegar otak. Sementara ini biasanya tidak fatal, itu dapat menjadi rasa sakit yang hebat bagi mereka yang menderita, baik fisik maupun emosi. Anda mungkin mengalami kehilangan kesadaran, kehilangan ingatan dan penglihatan yang melemah, dilansir dari Lifehack. [yy/republika]