27 Dzulqa'dah 1443  |  Senin 27 Juni 2022

basmalah.png

7 Alarm Tubuh yang Perlu Diwaspadai, dari Kembung hingga Lelah

7 Alarm Tubuh yang Perlu Diwaspadai, dari Kembung hingga Lelah


Fiqhislam.com - Masih banyak orang yang tidak sadar pentingnya menjaga tubuh tetap sehat. Bahkan banyak juga yang mengabaikan kondisi fisik tubuhnya dan tidak mengetahui dia sedang sakit, hingga akhirnya kondisi tubuhnya memburuk.

Tubuh sebenarnya memberikan tanda atau sinyal jika terdapat gangguan di dalamnya. Dan tanda ini kerap diabaikan.

Tanda-tanda itu tidak harus berupa badan yang panas, pilek, dan batuk yang jelas terlihat oleh mata. Lantas, bagaimana sebenarnya tanda-tanda tubuh Anda sedang memberikan sinyal bahwa Anda sedang tidak sehat. Berikut ini tanda tersebut seperti dilansir Boldsky.com.

1. Kembung
Jika Anda terus-menerus kembung, mungkin bukan hanya gas, tapi bisa menjadi pertanda penyakit serius seperti alergi makanan, bisul perut, dan bahkan kanker usus besar.

2. Bau Gas
Bila perut kembung Anda terasa pedas setiap saat (dan tidak hanya sesekali), itu tidak normal dan bisa mengindikasikan sejumlah gangguan pencernaan. Termasuk juga ketika Anda sering buang gas dengan bau menyengat.

3. Kelelahan
Apabila Anda merasa lelah tanpa alasan apa pun, Anda tidak boleh menganggapnya enteng, karena bisa mengindikasikan sejumlah penyakit, dari anemia sampai kanker.

4. Napas Buruk
Jika Anda memiliki bau mulut, bahkan dengan kebersihan mulut yang baik, itu bisa menunjukkan kondisi yang dikenal sebagai halitosis atau bahkan bisa menjadi sinusitis.

5. Sakit Kepala Konstan
Jika Anda mengalami sakit kepala secara teratur, jangan berpikir bahwa ini adalah masalah sederhana yang akan hilang, karena bisa mengindikasikan keseluruhan jenis penyakit, dari gangguan pencernaan hingga tumor otak.

6. Kram Otot
Kram otot sering bisa menjadi tanda kekurangan gizi dan osteoporosis.

7. Berat badan drop
Jika Anda telah kehilangan atau memperoleh berat dalam jumlah yang signifikan, tanpa olahraga dan diet itu juga bisa menjadi tanda kesehatan yang buruk juga. [yy/tempo]