<
pustaka.png
basmalah.png

3 Jam, Masa Emas Selamatkan Nyawa Pasien Stroke

Fiqhislam.com - Langkah terbaik untuk menolong pasien stroke dengan segera membawanya ke rumah sakit. Pasalnya, stroke hanya memiliki waktu sebanyak tiga jam sebagai masa emas pertolongan nyawanya. 

"Ada waktu tiga jam untuk melakukan tindakan. 'Golden periode' stroke waktunya hanya tiga jam. Dalam tiga jam harus dilakukan dengan penanganan yang tepat. Biasanya ada beberapa penguatan yang harus dilakukan, tergantung dari tingkat keparahannya," tutur Dr. Santoso Karo Karo, MPH, SpJP(K), FIHA dari RS Harapan Kita di Hotel Intercontinental, Jakarta (5/7/2012).
 
Sayangnya, pasien seringkali terlambat dibawa ke rumah sakit. "Jadi, ketika seseorang diketahui memiliki faktor risiko (diabetes, hipertensi, usia lanjut, kelainan jantung) dan mencirikan gejala-gejala stroke, segera bawa ke pelayanan kesehatan terdekat yang lengkap. Tidak usah nunggu-nunggu, segeralah agar bisa cepat ditangani dan kerusakan otak akibat stroke bisa diminimalisir," kata Santoso.
 
Lebih lanjut Santoso menjelaskan bahwa penelitian menunjukkan bahwa kelumpuhan dan gangguan pasca-stroke bisa dicegah atau dipulihkan jika obat stroke yang berfungsi menghancurkan bekuan darah disuntikkan kurang dari tiga jam sejak terjadinya serangan.

okezone.com 

top