10 Jumadil-Awwal 1444  |  Minggu 04 Desember 2022

basmalah.png

Berbagai Kebaikan Puasa bagi Kesehatan

Fiqhislam.com - Puasa merupakan salah satu modal terkuat untuk mengurangi inflamasi, meningkatkan imunitas dan penyembuhan jaringan.

Ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang merasa mual ketika terkena infeksi. Nah, dengan berpuasa mekanisme dalam tubuh akan mempengaruhi peningkatan kekebalam tubuh alami.

Peneliti di Intermountain Medical Center Heart Institute menemukan hasil kesehatan mengejutkan pada seorang laki-laki dan perempuan yang berpuasa selama 24 jam. Laki-laki itu mengalami peningkatan 2000 persen dalam sirkulasi HGH (Human Growth Hormone) yaitu hormon pertumbuhan manusia yang berkaitan langsung dengan metabolisme. Sedangkan pada tubuh perempuan tersebut terjadi peningkatan HGH sebesar 1300 persen. Secara individu dengan berpuasa tingkat trigliserida mereka berkurang, kolesterol baik yaitu HDL meningkat dan gula darah stabil.

Dari penelitian tersebut peneliti menyimpulkan cara terbaik memulai puasa adalah memberikan jarak dari sarapan ke makan malam setiap hari selama 12 jam. Dengan demikian 4 jam tubuh menyelesaikan proses pencernaan dan 8 jam untuk hati melakukan siklus detoksifikasi.

mediaindonesia.com