7 Rajab 1444  |  Minggu 29 Januari 2023

basmalah.png

Mengulik Manfaat Pijat

Mengulik Manfaat PijatFiqhislam.com - Bagi kebanyakan orang, pijat sudah menjadi kebutuhan ketika tubuh terasa lelah atau ketika mereka sakit. Tetapi sebenarnya ada beberapa alasan mengapa orang perlu dipijat.

Menjalani pemijatan yang tepat yang dilakukan oleh orang yang benar-benar paham memijat akan memberikan banyak manfaat, terutama untuk relaksasi dan menghilangkan stres.

Pemijatan dilakukan baik dengan cara tradisional, modern atau campuran keduanya, dan beberapa jenis pemijatan dikembangkan sebagai terapi.

Menurut Healthmad and buzzle, ada beberapa hal yang membuat orang perlu dipijat, antara lain:

1. Pijat dapat secara signifikan memengaruhi sistem saraf perifer, meningkatkan rangsangan dan konduksi impuls saraf, melemahkan dan menghentikan rasa sakit dengan mempercepat proses regenerasi (pemulihan) saraf yang terluka dan mencegah gangguan pembuluh darah dalam hal komunikasi dan pasokan.

2. Pijat memengaruhi jaringan tubuh untuk melebarkan kapiler dan cadangan kapiler. Hal ini akan meningkatkan aliran darah ke jaringan dan organ, sehingga meningkatkan proses penurunan oksidasi, menunjang kinerja jantung dan berkontribusi terhadap redistribusi darah di dalam tubuh. Dan pijat juga memberikan sedikit peningkatan jumlah trombosit, leukosit, eritrosit dan hemoglobin tanpa mengganggu keseimbangan asam-basa.

3. Pijat mempercepat aliran jaringan getah bening yang meningkatkan gizi, mengurangi stasis pada persendian dan organ-organ serta jaringan lain.

4. Pijat memiliki berbagai efek fisiologis pada kulit dan fungsinya, seperti membersihkan saluran keringat, kelenjar sebasea, meningkatkan fungsi sekresi, ekskresi dan respirasi kulit. Setelah dipijat, kulit akan menjadi lebih kenyal dan akan meningkatkan pengaruh pada suhu (menurunkan kepekaan terhadap suhu dingin).

5. Pijat dapat melenturkan otot-otot, meningkatkan fungsi kontraktil yang mempercepat pelepasan metabolit (produk dari metabolisme). Namun, ini tergantung pada seberapa kuat dan cepat pemijatan dilakukan.

6. Pijat membantu menghilangkan cairan yang terkandung dalam otot dan memulihkan pada kondisi normal.

7. Pijat membantu meningkatkan sirkulasi dan mengurangi tekanan darah. Karena sirkulasi ditingkatkan, maka pada gilirannya organ dalam tubuh akan berfungsi dan bekerja lebih baik.

8. Pijat dapat membantu mengatasi rasa sakit otot dangkal dan memperbaiki postur tubuh yang buruk, hal ini karena pijat dapat bekerja untuk memanipulasi otot dan sendi.

Orang tidak perlu terlalu sering dipijat. Efek terapeutik dan relaksasi yang diperoleh dari pijat sangat baik bagi tubuh, sehingga semua orang perlu mendapatkan pemijatan yang baik secara kualitas, bukan kuantitas. [yy/metrotvnews]