14 Rajab 1444  |  Minggu 05 Februari 2023

basmalah.png

Vaksin Sanofi Langkah Efektif Atasi Wabah DBD

Vaksin Sanofi Langkah Efektif Atasi Wabah DBD Fiqhislam.com - DEMAM berdarah dengue tumbuh subur di daerah tropis dan mengancam hampir setengah populasi dunia. Berangkat dari permasalahan tersebut, Perusahaan farmasi asal Perancis, Sanofi SA, melakukan langkah besar dalam upaya mengatasi wabah demam berdarah dengue dengan menelurkan sebuah vaksin terbaru.

Vaksin Sanofi diuji di lebih dari 3.600 anak-anak usia 4 sampai 11 tahun di Thailand. Sebanyak 2.400 responden anak mendapat tiga suntikan vaksin selama enam bulan secara terpisah, sementara sekitar 1.200 mendapat vaksin rabies atau suntikan dummy. Selama sekitar dua tahun masa tindak lanjut, terdapat 134 kasus demam berdarah, termasuk lima kasus yang parah.

Para ilmuwan mengatakan sebagian vaksin efektif terhadap tiga dari empat virus yang menyebabkan demam berdarah dan tidak ada efek samping yang dilaporkan. Penyakit demam berdarah dengue dapat disebabkan oleh 4 jenis virus. Vaksin keluaran Sanofi diharapkan mampu merespon kempat jenis virus tersebut, tetapi saat ini baru terbukti berhasil mengatasi 3 dari 4 strain besar virus yang merebak di Thailand.

Scott Halstead, Penasehat Ilmiah Senior dari Dengue Vaccine Initiative, mengatakan Sanofi mungkin perlu mempertimbangkan reformulasi vaksin atau menciptakan gambar yang terpisah untuk masing-masing jenis demam berdarah.

Joachim Hombach, seorang ahli DBD di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, meskipun vaksin aman dalam tahap awal, namun harus kembali diteliti. [yy/mediaIndonesia]