<
pustaka.png
basmalah.png

Obat Antidepresan Tingkatkan Risiko Stroke

Fiqhislam.com - Hati-hati menggunakan obat antidepresan, apalagi jika sembarangan. Sebuah penelitian menunjukkan antidepresan bisa meningkatkan risiko stroke.

Peneliti Western University of London, Ontario, menganalisis semua studi yang melihat tentang penggunaan antidepresan dan stroke. Penelitian yang dikenal sebagai metaanalisis ini mempelajari 16 penelitian yang melibatkan 500 ribu partisipan.

Dari situ, mereka menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs), yang biasa digunakan sebagai antidepresan, mempunyai kecenderungan 50 persen untuk mengalami intracranial hemorrhage (perdarahan dalam tengkorak) dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi antidepresan. Selain itu, mereka juga mempunyai kecenderungan 40 persen lebih tinggi memiliki intracerebral hemorrhage (perdarahan di otak).

Meskipun demikian, Daniel G. Hackam, satu peneliti, mengatakan temuan itu harus dilihat dengan sebab-akibat. “Karena stroke jenis ini sangat jarang, peningkatan risiko yang sebenarnya untuk rata-rata orang sangat rendah,” kata dia sebagaimana dikutip dari jurnal Neurology.

Perkiraan stroke jenis ini adalah terjadi pada 24,6 orang dari 100 ribu penduduk per orang. Menurut riset itu, penggunaan SSRI akan meningkatkan risiko sampai satu kasus stroke per 10 ribu orang per tahun. “Secara keseluruhan, hasil tersebut mestinya tidak menghalangi seseorang untuk mengkonsumsi SSRI ketika dibutuhkan,” kata Hackam.

Dia mengatakan, secara umum obat tersebut aman meskipun mempunyai risiko terjadinya depresi. Tapi dokter mungkin telah mempertimbangkan obat itu dengan jenis antidepresan lainnya. [yy/tempo]

top