10 Jumadil-Awwal 1444  |  Minggu 04 Desember 2022

basmalah.png

4 Fakta Penting Karbohidrat

4 Fakta Penting Karbohidrat Fiqhislam.com - Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang menyuplai energi yang diperlukan oleh tubuh. Jenis makanan yang kaya akan karbohidrat dapat lebih mudah untuk dikonversi menjadi glukosa yang merupakan bentuk gula yang dihasilkan energi dalam tubuh.

Saat makanan dicerna, glukosa akan menyebar ke seluruh tubuh melalui darah dan pada akhirnya akan mengubahnya menjadi energi. Selain menjadi sumber energi, ada beberapa fakta lainnya mengenai karbohidrat. Apa saja? Berikut di antaranya.

1. Makanan yang kaya karbohidrat mengandung banyak pati (karbohidrat yang merupakan polimer glukosa yang terdiri dari amilosa dan amilopektin), yang bermanfaat juga untuk menyuplai energi.

2. Jika Anda kurang beraktivitas fisik seperti olahraga, konsumsi karbohidrat berlebihan dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Hal ini dinamakan ketidakseimbangan kadar gula darah.

3. Konsumsi karbohidrat berlebih ditambah kurangnya olahraga, akan mengakibatkan kadar glukosa yang tinggi dalam tubuh, kondisi ini dikenal sebagai glikogen. Dalam kondisi ini, glikogen akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh atau di hati.

4. Karbohidrat sangat kaya serat. Hal ini membuat pencernaan melambat sehingga membuat Anda merasa kenyang untuk durasi yang lebih lama. Ini tentu bisa mengontrol nafsu makan Anda.

Langkah terbaik konsumsi karbohidrat :

Diet seimbang adalah yang cara terbaik. Untuk menjaga keseimbangan dalam asupan protein dan karbohidrat, konsumsi juga makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral, seperti dalam buah, daging, dan juga sayur.

Makanan yang kaya karbohidrat mengandung banyak gula. Hal ini dapat meningkatkan tingkat gula darah dan produksi insulin. Ada baiknya, hindari pemanis buatan seperti yang terdapat dalam beberap ajenis kue dan juga olahan cokelat. Temukan karbohidrat dalam beras, beras merah, pisang, kentang, sereal gandum, tepung gandum, pasta gandum, kacang, dan sebagainya. [yy/mediaIndonesia]