4 Jumadil-Awal 1443  |  Rabu 08 Desember 2021

basmalah.png

Kurang ASI Picu Infeksi Telinga pada Bayi

Kurang ASI Picu Infeksi Telinga pada BayiFiqhislam.com - Infeksi telinga pada bayi ternyata bisa disebabkan oleh asupan ASI yang kurang, dan tidak seimbangnya gizi pada ibu menyususi. Bagaimana ASI bisa dikaitkan dengan infeksi telinga pada anak? Berikut ini ulasannya.

Bayi yang mengonsumsi susu formula dan kurang mendapatkan ASI dari sang ibu, umumnya lebih rentan untuk terkena infeksi telinga. Hal ini disebabkan karena kurangnya antibodi dalam tubuh bayi, yang dibutuhkan banyak terkandung dalam ASI. tidak hanya antibodi dalam ASI, tetapi juga untuk tindakan saat menyusui dan bahkan mungkin perbedaan posisi juga mempengaruhi, jika salah, air susu bisa menetes kedalam telinga dan menyebabkan infeksi, demikian yang dilansir Foxnews.
 
Ibu menyusui harus mendapatkan banyak asam lemak omega-3, vitamin D. Diet alami dan menghilangkan atau mengurangi secara drastis makanan olahan juga bisa mencegah kerentanan infeksi telinga pada bayi Anda. Gula, serta pewarna buatan dan perasa, dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun, yang pada gilirannya akan membuat bayi lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi dan memperlambat waktu penyembuhan.

Sangat penting untuk diingat bahwa Anda harus selalu berbicara dengan dokter Anda, atau dokter anak Anda, sebelum melakukan perubahan pola makan atau gaya hidup untuk pengobatan infeksi telinga atau penyakit lainnya. Dokter dapat merekomendasikan tindakan yang terbaik dan membantu Anda dalam mencari penanganan yang tepat. [yy/okezone.com]