21 Rabiul-Awal 1443  |  Rabu 27 Oktober 2021

basmalah.png

Takut Anak Alergi? Ini Cara Mengenalkan Anak Mengonsumsi Ikan

Takut Anak Alergi? Ini Cara Mengenalkan Anak Mengonsumsi IkanFiqhislam.com - Guru Besar Pangan dan Gizi Departemen Gizi Masyarakat IPB Prof Ali Khomsan menyarankan sebaiknya anak mulai diperkenalkan mengonsumsi ikan sejak di atas usia 1 tahun.

Alasannya, sejak anak berusia lebih dari satu tahun itu sudah diperbolehkan memakan makanan padat.

Akan tetapi, ia mengingatkan kepada orangtua agar dalam memperkenalkan ikan laut kepada anaknya itu dalam porsi sedikit. Karena jika pemberian ikan dalam porsi terlalu besar, dikhawatirkan dampaknya anak alergi.

"Untuk (pemberian) ikan harus hati-hati karena bisa alergi, tapi diperkenalkan sedikit demi sedikit, kalau alergi dikurangi dulu ," ujarnya.

Ia mencontohkan porsi perkenalan sebaiknya diberikan setengah ons satu hari. Pemberian ikan itu pun dua hari sekali. " Itu semua proses latihan untuk mengendalikan alerginya," ujarnya.

Selain untuk pertumbuhan, Ali mengakatan konsumsi ikan laut yang banyak mengandung kolesterol dan omega 3 itu sangat bagus bagi otak anak.

"Seafood mengandung omega 3. Ikan laut dalam dan perdagingan tebal kaya lemak, dan kaya omega 3 dan 6. Sedangkan untuk ikan air tawar, seperti ikan emas dan mujair itu tidak mengandung omega 3, hanya saja tetap tinggi protein," ujarnya. [yy/tribunnews.com]