20 Jumadil-Akhir 1443  |  Minggu 23 Januari 2022

basmalah.png
BALITA

Bersihkan Dot dengan Mulut Potensi Tularkan Penyakit

Bersihkan Dot dengan Mulut Potensi Tularkan PenyakitFiqhislam.com - Siapa bilang membersihkan dot bayi dengan mulut ibunya tidak berbahaya? Kenyataanya, hal tersebut justru bisa membuat menularkan penyakit pada anaknya.

Berdasarkan hasil penelitian terbaru disebutkan bahwa membersihkan dot bayi dengan mulut memungkinkan terjadinya transfer bakteri dan alergi di mana transfer mikroba dari orangtua kepada bayi makin meningkatkan keragaman bakteri di sistem pencernaan dan kekebalan si bayi. Alhasil, bakteri atau alergi seperti asma yang ada pada ibu sangat mungkin menular ke bayinya. Demikian seperti dilansir Fox News.

"Penularan bakteri itu sangat berbahaya, sebab bisa menjadi fondasi pembangunan sistem kekebalan bayi yang belum sempurna itu,"  Dr Wilfried Karmaus, ahli asma dan eksim dari University of Memphis.

Ia juga menganjurkan untuk menjauhi cara itu agar penyakit atau alergi yang pada si ibu tidak menular. Menurutnya, akan lebih baik menggunakan air keran dibanding membersihkannya dengan mulut si ibu.

"Ini adalah tindakan sederhana, tapi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan bayi," tutupnya.  [yy/
okezone.com]