10 Jumadil-Awwal 1444  |  Minggu 04 Desember 2022

basmalah.png

Langkah Meringankan Batuk dan Pilek Pada Bayi

Langkah Meringankan Batuk dan Pilek Pada BayiFiqhislam.com - Saat Batuk pilek bayi tentu tersiksa, tidak bisa tidur, susah bernapas, makan tidak enak, badan nyeri, pusing, lemas. 5 Langkah berikut bermanfaat untuk meringankan batuk-pileknya:

* Berikan kenyamanan. Orangtua yang selalu berada di dekat anak sakit akan membuatnya merasa nyaman. Selain itu kamar yang bersih, tidak gelap/pengap, hangat, sirkulasi udara lancar akan membuat istirahatnya cukup.
    
* Terus berikan ASI dan minum air putih hangat sesering mungkin. Ini akan membantu proses pengeluaran slem (dahak) lebih cepat. Dengan cara ini otomatis, bisa mengurangi batuk, dan hidung mampat. Baik juga dilakukan kompres hangat sekitar hidung, kening, muka dan dada selama 30 menit. Fungsinya sama, bisa membuat pernapasan anak lega, dan mengeluarkan slem.
    
* Berjemur di bawah sinar matahari pagi di bawah jam 7, baik dilakukan. Fungsinya bisa untuk melawan virus, menghilangkan/mengeluarkan slem, juga meredakan batuk.
    
* Untuk melonggarkan pernapasan yang mampat bisa menteteskan ke lubang hidungnya cairan garam fisiologis, 2-3 tetes sudah cukup.
    
* Saat batuk-batuk, upayakan dia tidur dalam posisi tengkurap/telungkup. Dengan posisi ini napasnya akan lega, dan bisa meredakan batuk.

[yy/tribunnews.com]