10 Rajab 1444  |  Rabu 01 Februari 2023

basmalah.png

Studi: ASI Bisa Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Studi: ASI Bisa Meningkatkan Kecerdasan BayiFiqhislam.com - Hasil Penelitian yang dilakukan di Brown University, Amerika Serikat menemukan bahwa ASI (Air Susu Ibu) terbukti bisa membuat anak lebih cerdas. Dalam penelitian ini, otak bayi yang diberi ASI berkembang 30 persen lebih cepat.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal NeuroImage beberapa waktu ini dilakukan dengan melihat perbedaan pertumbuhan 133 otak bayi sejak awal lahir. Bayi dibagi menjadi dua kelompok, yang pertama diberikan ASI dan bayi lainnya diberikan susu formula.

Penulis utama studi Prof Dr Sean Deoni menyampaikan pada Dailymail, Minggu (9/6/2013) bahwa perkembangan otak diteliti hingga bayi berusia dua tahun.

"Kami menemukan adanya perbedaan (pertumbuhan otak). Dalam waktu tiga bulan ibu menyusui, otak bayi tumbuh lebih cepat 30 persen dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI. Mereka dengan ASI memiliki perkembangan otak yang baik di daerah-daerah otak yang mengontrol bahasa dan emosi," katanya.

Dengan menggunakan scan otak Magnetic Resonance Imaging (MRI), bayi dengan ASI memiliki banyak jaringan serabut saraf yang panjang yang kemudian menghubungkan bagian-bagian berbeda. Bagian ini berfungsi dalam kinerja bahasa, penerimaan visual dan kontrol motoriknya. Dan hal ini tidak terdapat pada bayi yang tidak minum ASI.

"Hal ini menunjukkan bahwa semakin lama bayi diberi ASI, akan lebih mengembangkan otak mereka. Terutama di area otak yang berhubungan dengan motorik atau gerakan dan koordinasi,"jelasnya. [yy/
liputan6.com]