21 Jumadil-Akhir 1443  |  Senin 24 Januari 2022

basmalah.png
BALITA

Ajarkan si Kecil Makan Sendiri Dengan Cara Ini

Ajarkan si Kecil Makan Sendiri Dengan Cara IniFiqhislam.com - Anak usia 1-2 tahun sudah bisa diajarkan menyantap makanannya sendiri. Bisa dimulai dari memakai alat makan dengan benar. Setelah itu minum dengan cangkir. Jika sudah terbiasa si kecilpun jadi makin mandiri dan lebih pintar.

Selain mengenalkan jenis makanan baru, anak-anak juga perlu diajarkan makan sendiri. Agar sukses mengajarkan si kecil makan sendiri, lakukan trik ini.

1. Menyentuh dan mencium makanan

Balita selalu mengeksplorasi lingkungannya dengan menyentuh, melihat, mendengar, mencium dan mencicipi. Termasuk jenis makanan yang akan dimakannya. Hal ini sering terjadi pada anak-anak yang baru belajar makan sendiri.

2. Memegang sendok dan cangkir

Anak usia 18-24 tahun sudah bisa diajarkan memegang sendok, garpu dan gagang cangkir. Untuk menggunakan sendok bisa dipilih jenis makanan yang mudah menempel pada sendok, seperti yogurt, mashed potatoes, oatmeal, makaroni dan keju.

3. Gunakan piring bergambar

Piring mungil bergambar boneka atau binatang membuat anak makin semangat belajar makan sendiri. Pilihkan piring yang berbahan lunak dengan warna menarik agar si kecil lebih tertarik.

4. Makan semeja dengan keluarga

Saat berada di meja makan, anak akan perhatikan cara makan keluarganya. Mulai dari memegang sendok hingga cara menyuap makanan yang benar. Perlahan si kecil akan meniru cara makan keluarganya dan si kecil pun jadi lebih proaktif.

[yy/detik.com]