13 Rajab 1444  |  Sabtu 04 Februari 2023

basmalah.png

Mitos Soal Tumbuh Gigi Bayi

Mitos Soal Tumbuh Gigi BayiFiqhislam.com - "Kalau sudah bisa jalan, giginya numbuhnya belakangan, ya kalau giginya yang duluan, jalannya yang belakangan." Masih ingat kalimat yang sering dilontarkan orang tua kita ini?

Seringkali kalimat ini kita amini ketika melihat bayi kita hingga waktunya belum tumbuh gigi.Padahal pandangan ini hanya mitos belaka. Kata Dokter Gigi Ratu Mirah Afifah GCClindent., MDSc.

"Itu menurut saya cuma mitos ya, sampai sekarang belum ada yang bisa membuktikan itu," ujar Dokter Mirah usai peluncuran Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2013 di Jakarta, Senin (2/9).

Dokter ini menjelaskan, bayi itu mengalami pertumbuhan gigi pertama mereka yaitu gigi susu pada sekitar usia 6-8 bulan.

Lalu jika sudah lewat delapan bulan namun si gigi susu belum kelihatan apakah ini pertanda ada gangguan pertumbuhan gigi si bayi? Dokter Mirah mengatakan, ini tak bisa langsung dikatakan ada masalah.

Ia mengakui, pertumbuhan gigi pada masing-masing bayi memang berbeda-beda. Ini tak lepas juga dipengaruhi oleh asupan dan gizi makanan yang diperoleh si bayi selama masih dalam kandungan ibu.

Karenanya, ia menekankan, pentingnya ibu yang tengah mengandung untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium untuk menunjang pertumbuhan gigi kelak.

Begitu juga ketika si bayi sudah bisa makan makanan padat sementara giginya belum tumbuh, maka sangat dianjurkan untuk memberi makanan yang banyak mengandung kalsium untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi.

"Biasanya gigi pertama itu tumbuhnya baik dan sehat. Ya tugas orang tua untuk menjaga agar giginya tetap bersih dan sehat," tandasnya. [yy/inilah.com]