21 Rabiul-Awal 1443  |  Rabu 27 Oktober 2021

basmalah.png

Perilaku Buruk Anak Erat Kaitan dengan Waktu Tidur

Perilaku Buruk Anak Erat Kaitan dengan Waktu TidurFiqhislam.com - Penelitian menemukan kaitan antara anak-anak berperilaku kurang baik dengan waktu tidur yang buruk. Anak-anak yang memiliki jam tidur tak teratur, khususnya pada malam hari lebih mungkin bermasalah perilakunya

"Tidak memiliki waktu tidur tetap dengan perasaan terus-menerus berubah, menginduksi keadaan tubuh dan pikiran mirip dengan jet lag," kata Yvonne Kelly dari University College London yang melakukan penelitian, seperti mengutip nydaily, Rabu (16/10/2013).

Waktu tidur yang tidak konsisten dapat mengganggu irama tubuh alami dan menyebabkan kurang tidur. Ini yang juga mengakibatkan perkembangan otak tak berjalan baik dan kurang mampu mengatur beberapa perilaku.

Studi di Inggris menganalisa data tidur lebih dari 10.000 anak-anak usia tiga, lima dan tujuh tahun dengan mempertimbangkan masalah perilakunya, seperti laporan para guru dan orangtua.

Masalah seperti hiperaktif, sering bermasalah dengan teman sebaya dan kesulitan emosional adalah beberapa kondisi yang lebih buruk bagi anak-anak dengan waktu tidur tak teratur.

Usia tiga tahun adalah yang usia paling berisiko anak mengalami jam tidur tak teratur. Satu dari dari lima anak akan tidur pada waktu tidak menentu.

Sedangkan anak-anak di atas sembilan tahun yang memiliki waktu tidur kurang menentu lebih mungkin berasal dari latar belakang kurang beruntung secara sosial. [yy/inilah.com]