16 Dzulhijjah 1442  |  Senin 26 Juli 2021

basmalah.png

Hati-Hati Beri Air Putih untuk Bayi

Hati-Hati Beri Air Putih untuk BayiFiqhislam.com - Air memiliki banyak khasiat dan merupakan minuman yang paling aman dan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari bagi anak-anak dan orang dewasa, namun tidak bagi bayi Anda. Mengapa?

Selama di bulan-bulan sebelum memulai makanan padat, jumlah air yang terdapat di ASI atau susu formula biasanya sudah menyediakan semua kebutuhan air pada bayi. Bayi yang sehat membutuhkan keduanya untuk tumbuh kembang dan untuk menggantikan air yang hilang melalui urin, kotoran, kulit dan paru-paru.

Dilansir dari laman Parents, lebih baik untuk tidak memberikan air putih kepada bayi sebelum 6 bulan. Memberinya air dapat menurunkan nafsu makan dan kekurangan gizi.  Memberikan bayi terlalu banyak air sejak dini juga dapat menyebabkan ginjal menghalau natrium dan elektrolit, sehingga ia kekurangan garam.

Dalam kasus-kasus serius, pemberian air putih pada bayi dapat memicu kejang. Bahkan pada hari yang panas, sebagian besar bayi tidak membutuhkan air, ASI atau susu formula cukup untuk menjaga mereka terhidrasi. Namun, jika bayi Anda sembelit, dokter anak Anda mungkin menyarankan Anda untuk memberikan 2 ons air sehari agar tubuhnya kembali sehat. Anak bisa mulai minum air lebih teratur setelah usianya menginjak 1 tahun. [yy/republika.co.id]