pustaka.png.orig
basmalah.png.orig


14 Dzulqa'dah 1442  |  Kamis 24 Juni 2021

Beri si Kecil Pepaya untuk Cegah Cacingan dan Perkuat Daya Tahan Tubuh

Beri si Kecil Pepaya untuk Cegah Cacingan dan Perkuat Daya Tahan TubuhFiqhislam.com - Buah yang berwarna oranye kemerahan ini memiliki aroma yang khas dan bertekstur lembek. Banyak orang yang tidak menyukai buah ini karena aroma yang tajam. Padahal, buah ini memiliki manfaat hebat buat anak.

Tidak saja berkhasiat buat orang dewasa, pepaya yang renyah manis ini juga sangat baik untuk bayi dan anak. Seperti dilansir oleh Parentinghealthybabies berikut ini beberapa khasiat hebat pepaya.

1. Kandungan vitamin dan mineral

Kehadiran vitamin dan mineral dalam buah pepaya membuatnya menjadi makanan yang ideal untuk anak-anak bahkan bayi berusia diatas 6 bulan. Vitamin dan mineral yang sangat penting dalam perkembangan tulang, perkembangan otak, kekebalan tubuh dan perkembangan tubuh secara keseluruhan.

2. Menjaga kesehatan organ tubuh

Vitamin A yang terkandung dalam buah pepaya dapat menjaga kesehatan mata, vitamin B dapat memperkuat otot-otot jantung dan rangka, riboflavin berguna untuk perkembangan otak dan memperkuat sel-sel saraf. Kandungan zat besinya dapat mempertahankan tingkat hemoglobin.

3. Pencahar alami

Konsumsi pepaya pada anak dapat membantu mengatasi masalah sembelit karena kandungan serat pada pepaya yang cukup tinggi. Berikan anak beberapa potong pepaya pada malam hari atau setelah makan untuk melancarkan pencernaan.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Makan-makanan alami seperti buah-buahan dan sayuran dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan mikroba yang menyerang tubuh. Pepaya benar-benar terbukti efektif dalam menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Memiliki sifat antelmintik

Bayi dan anak-anak biasanya menghadapi masalah cacing parasit dalam usus. Berbagai jenis cacing dapat menginfeksi usus. Kandungan lateks atau getah pada pepaya dapat bermanfaat sebagai obat yang efektif melawan cacing parasit di dalam usus.

yy/detik.com