29 Dzulqa'dah 1443  |  Rabu 29 Juni 2022

basmalah.png

Kurangnya Interaksi Bisa Sebabkan Anak Alami Gangguan Bicara

Kurangnya Interaksi Bisa Sebabkan Anak Alami Gangguan BicaraFiqhislam.com - Dalam pembentukan struktur otak anak, kemampuan bicara-bahasa merupakan salah satu komponen terpenting dalam pembentukan struktur otak untuk kemampuan kognitif dan perilaku.

Apabila hal itu terganggu, dalam jangka panjang dapat mengakibatkan gangguan kecerdasan dan perilaku.

“Masalah gangguan bicara mencakup tiga faktor penyebab terpenting, yaitu kerusakan otak, kerusakan organ penerima (indra), dan gangguan input alias kurang dan atau salah stimulasi,“ ujar Ketua Divisi Tumbuh Kembang RSUD Dr Soetomo-Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya, Ahmad Suryawan dalam diskusi kesehatan anak di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dalam pengalaman menangani anak dengan gangguan bicara-bahasa selama 5-6 tahun terakhir, gangguan input merupakan faktor paling dominan sebagai penyebab.

Misalnya, kurangnya waktu interaksi verbal aktif antara anak dan orangtua atau pengasuh, kesalahan metode pengenalan bahasa, juga pengaruh media audio visual modern saat ini.

“Kami mengimbau agar orangtua dapat mengatur gaya bahasa, mengatur regulasi pemakaian media audio visual pada anak serta menerapkan pola asuh yang melekat dengan anak,“ sarannya. [yy/metrotvnews.com]