fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


26 Ramadhan 1442  |  Sabtu 08 Mei 2021

Penting Periksa Gigi di Usia Satu

Penting Periksa Gigi di Usia SatuFiqhislam.com - Memeriksakan gigi si kecil lebih awal dan reguler, ternyata  dapat membantu mengidentifikasi serta mengatasi risiko kerusakan gigi yang dapat menyebabkan karies anak usia dini. Begitu diungkapkan dalam sebuah rilis yang dikeluarkan Canadian Dental Association (CDA).

"Kerusakan gigi dapat dicegah," kata Dr Peter Doig, Presiden CDA. "Bayi harus mengunjungi dokter gigi pada usia satu, dan secara teratur setelahnya. Kunjungan awal ini dapat mengidentifikasi dan menunjukkan tanda-tanda kerusakan gigi, meningkatkan kebiasaan menjaga kesehatan mulut, dan juga diam-diam telah melakukan investasi untuk kesehatan seumur hidupnya.

The Canadian Institute for Health Information (CIHI) baru-baru ini meneliti besaran operasi di rumah sakit terkait  karies pada anak usia dini di Kanada. Diantara temuan, CIHI melaporkan karies anak usia dini sebagai penyebab utama  operasi gigi pada anak usia satu sampai lima. Biaya umum operasi untuk karies ini adalah $ 22 juta per tahun untuk rawat inap saja.

CDA merekomendasikan penilaian awal pada bayi oleh dokter gigi untuk menentukan risiko khusus, selanjutnya perlu intervensi yang tepat dengan frekuensi sesuai kebutuhkan pada kunjungan berikutnya. Selain itu, orang tua dan pengasuh dapat memainkan peran penting dalam mencegah kerusakan gigi dengan perawatan sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari. Termasuk membiasakan makanan sehat yang bisa dibicarakan juga saat kunjungan ke dokter gigi. [yy/tempo.co]