11 Rabiul-Awwal 1444  |  Jumat 07 Oktober 2022

basmalah.png

DHA Susu Formula Tidak Jadikan Bayi Pintar

DHA Susu Formula Tidak Jadikan Bayi PintarFiqhislam.com - Iklan produk susu formula menawarkan berbagai kelebihan. Salah satunya mengandung DHA yang dikatakan dapat menambah kepintaran bayi.

Konsultan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia, Utami Rusli, mengatakan bahwa kandungan DHA yang ditawarkan pada produk susu formula sama sekali tidak menambah kepandaian bayi. Pasalnya, hal ini tidak didasarkan pada penelitian ilmiah.

"Jadi kalau kita lihat iklan sehari-hari kan ada ibu yang mengatakan 'susunya apa? Kok pintar ya?' menurut 16 metaanalisa itu tidak benar, karena tidak berdasarkan penelitian ilmiah," ujarnya di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Lebih lanjut, Utami menjelaskan bahwa pada tahun 2010, empat penelitian meta analisa dari 12 penelitian besar di tahun 2012 menunjukkan bahwa pemberian DHA dan AHA pada susu formula bayi tidak akan menambah kepintaran bayi. Menurutnya, bila berbicara mengenai tumbuh kembang seoran anak harus benar-benar berdasarkan hasil penelitian.

Karena itu, Utami menekankan pentingnya pemberian Air Susu Ibu (ASI) ekslusif selama enam bulan hingga dua tahun untuk bayi. Menurutnya, dengan ASI ekslusif , maka kemampuan kognitif, bahasa, dan motorik dari seorang bayi akan meningkat.

"Buktinya, pada tahun 2013 di Inggris dilakukan penelitian terhadap 504 orang bayi yang diikuti sampai mereka berusia dua tahun. Di situ peneliti menemukan sejumlah anak yang memperoleh makanan standar emasnya, beberapa fungsi tersebut meningkat secara signifikan," tutupnya. [yy/okezone.com]