22 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 28 Oktober 2021

basmalah.png

Cara Simpel Melatih si Kecil Belajar Bicara

Cara Simpel Melatih si Kecil Belajar BicaraFiqhislam.com - Menjelang usia 8 bulan, biasanya anak akan mulai belajar bicara dengan mengucapkan kata-kata yang bisa jadi kurang terdengar jelas. Tapi jangan salah, sebenarnya melatih anak bicara sudah bisa dilakukan sejak ia lahir lho.

Diutarakan Julie Masterson, PhD,CCC-SLP, profesor communication sciences and disorders di Missouri State University mengatakan sejak lahir dan antara usia 2-4 bulan orang tua bisa mengajak anak bicara. Lebihbaik lagi jika terbiasa mendengarkan musik untuk si kecil.

"Dengan melatih anak bicara sejak dini, di rentang usia 4-8 bulan biasanya si kecil mulai babbling yaitu mengucapkan konsonan yang dilengkapi dengan vokal seperti buhbuhbuh atau deedeedee," kata Julie yang juga penulis buku 'Beyond Baby Talk: From Sounds to Sentences, a Parent’s Complete Guide to Language Development'.

Memang, diakui Julie waktu anak bisa berbicara sangat bervariasi yakni di usia 8-14 bulan. Nah, ketika anak sudah bisa mengucapkan beberapa kata, peran orang tua adalah terus melibatkan anak dalam percakapan, seperti yang disebutkan dalam jurnal Infancy.

Peneliti mengamati 12 ibu dengan anak usia 8 bulan. Mereka melaporkan berinteraksi dengan buah hatinya dua kali sebulan selama setengah sampai satu jam, selama enam bulan. Hasilnya, bayi yang rutin melakukan kegiatan itu memiliki kemampuan bicara yang lebih baik.

"Usahakan Anda terus terlibat dengan anak dan memfasilitasi perkembangan bahasanya. Respons setiap perkataan anak, ajak anak mengobrol dan mengenali benda di sekitar, serta rutin bacakan dongeng. Sebaiknya kurangi penggunaan perangkat audio visual untuk melatih anak bicara," tegas Julie.

Menurut dr Anne Gracia, pakar neurosains terapan, selain senantiasa berinteraksi dengan anak, melatih kemampuan bicara anak juga bisa dilakukan dengan rutin memberi pijatan di area bibir. Caranya, beri tekanan lembut di area bawah hidung dan di atas bibir. Lalu, lakukan pijatan dengan gerak melingkar dari sudut bibir ke arah telinga bagian depan cuping telinga.

"Kemudian, tarik lagi jari telunjuk ke sudut bibir dengan jari tengah ditaruh di bawah rahang supaya ada tekanan lembut di kelenjar di bawah rahang untuk melahit keterampilan bicara anak dan memperlancar artikulasinya," kata dr Anne beberapa waktu lalu dan ditulis pada Senin (15/9/2014). [yy/health.detik.com]