5 Jumadil-Awal 1443  |  Kamis 09 Desember 2021

basmalah.png

Kebutuhan Nutrisi si Kecil Harus Tepenuhi Dalam Setiap Kali Makan

Kebutuhan Nutrisi si Kecil Harus Tepenuhi Dalam Setiap Kali Makan

Fiqhislam.com - Si kecil memang membutuhkan asupan makanan yang sehat. Tak sekedar mengenyangkan tetapi harus mencukupi kebutuhan nutrisinya. Karenanya penerapan gizi seimbang perlu untuk diterapkan untuk setiap kali waktu makan. Termasuk makan siang.

Beberapa panduan ini dapat memudahkan Anda menyiapkan makanan sehat untuk si kecil.

1. Porsi yang pas

Kebiasaan makan si kecil memang dapat dijadikan salah satu acuan dalam menyiapkan porsi makan. Jika si kecil terbiasa mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit, sebaiknya berikan makanan setiap 3-4 jam sekali. Akan tetapi jika tidak Anda dapat memberikan 3 kali makan utama dan 2 kali snack.

2. Sertakan sayur dan buah

Anak-anak di bawah usia 6 tahun sebaiknya mengonsumsi 3 porsi sayuran dan 2 porsi buah dalam sehari. Sedangkan untuk anak-anak antara 6 sampai 11 tahun harus mengonsumsi 4 sampai 6 porsi buah per hari. Saat anak akan pergi ke sekolah sebaiknya bekali buah kesukaannya dalam kotak bekal makan siang. Pisang, melon dan apel dapat Anda sertakan dalam bekal si kecil.

3. Karbohidrat

Karbohidrat bukan hanya tersedia dalam nasi. Roti, sereal dan mie juga dapat Anda berikan sebagai variasi alternatif karbohdrat. Kombinasikan karbohidrat dengan aneka sayuran atau bahan makanan sehat lainnya agar asupan serat dan juga vitamin dalam tubuh si kecil terpenuhi.

4. Produk susu

Kotak susu dengan berbagai varian rasa dapat Anda masukkan kedalam bekal makan siang si kecil. Keju merupakan produk olahan susu yang dapat dicampurkan kedalam omelet ataupun makanan si kecil dan yoghurt dapat dijadikan camilan sehat untuk melancarkan pencernaan dan juga tinggi kalsium.

5. Protein

Telur, selai kacang, ikan, ayam dan kacang-kacangan sangat baik untuk pertumbuhan si kecil. Mengolahnya menjadi sajian favorit si kecil dapat Anda lakukan dengan makanan berpotein tinggi. Stik ikan renyah dengan mayonnaise ataupun onde-onde kacang hijau dapat Anda sertakan dalam menu makan siang si kecil.

yy/detik.com