10 Muharram 1444  |  Senin 08 Agustus 2022

basmalah.png

Saat Bayi Malas Menyusu

Saat Bayi Malas MenyusuFiqhislam.com - Ibu mana yang tidak khawatir saat bayinya tidak ingin diberi ASI. Atau jika dibandingkan dengan kakaknya misalkan, sang adik yang masih balita malah sulit diberi ASI. Di sisi lain Anda sebagi ibu pastinya ingin sekali anak diberi ASI eksklusif. Dengan berbagai manfaat yang mengirinya, maka Anda merasa sayang sekali jika bayi Anda diberi susu formula.

Yang harus kita pahami dalam kasus ini adalah tentu setiap bayi yang lahir dari rahim kita sangat berbeda. Jika kita punya bayi sepuluh pun maka dalam hal menyusuinya pasti berbeda-beda. Misalkan, anak pertama bisa sampai satu jam sekali diberi ASI. Namun anak kedua sangat malas menyusui.

Ada dua ukuran utama untuk mengukur apakah ASI cukup untuk bayi. Yang pertama adalah bayi kencing setidaknya 6 kali dalam 24 jam. Yang keduanya adalah tadi yang sudah disebutkan diatas. Apakah berat badannya sesuai dengan grafik pertumbuhan? Jika jawaban keduanya ya, maka Anda tidak perlu khawatir.

Setiap individu termasuk bayi memiliki kebutuhan dan kecepatan metabolisme yang berbeda. Misalnya untuk kenaikan 1 kg, seorang bayi memerlukan sejumlah X ASI sedangkan bayi yang lain memerlukan sejumlah Y ASI.

Yang terpenting adalah teruslah bersabar memberi ASI eksklusif (tanpa susu formula) hingga 6 bulan, kemudian setelah 6 bisa diberikan makanan pendamping namun ASI tetap diberikan hingga anak Anda berusia 2 tahun. [yy/islampos]