17 Safar 1443  |  Sabtu 25 September 2021

basmalah.png

Saat Tumbuh Gigi, Berikan Makanan Ini Agar Si Kecil Nyaman Saat Makan

Saat Tumbuh Gigi, Berikan Makanan Ini Agar Si Kecil Nyaman Saat MakanFiqhislam.com - Anak-anak yang sedang tumbuh gigi, biasanya rewel atau menolak makan. Karenanya perlu dipilih makanan yang sesuai. Makanan kaya gizi tanpa menimbulkan rasa sakit di gusi ketika melahapnya.

Makanan ini perlu dan baik diberikan pada saat anak sedang tumbuh gigi.

1. Yogurt

Selain teksturnya lembut dan halus, yogurt yang biasanya disajikan dalam kondisi dingin akan membantu meredakan rasa sakit pada geraham yang sedang tumbuh. Berikan yogurt dengan rasa tawar dan campurkan dengan beberapa jenis buah-buahan segar dan haluskan sesuai selera si kecil

2. Saus Apel

Saus apel memiliki tekstur yang hampir serupa dengan yogurt yang tidak perlu dikunyah bahkan memiliki kandungan serat dan vitamin yang bisa membuatnya sehat. Biasanya saus apel dijual dalam porsi besar sehingga Anda tidak perlu kerepotan membelikan makanan bayi untuk  si kecil. Buah lainnya yang sudah dilumatkan juga baik bagi si kecil.

3. Buah-buahan

Buah-buahan crunchy seperti apel tentu akan menyulitkan si kecil yang sedang mengalami fase tumbuh gigi. Jika si kecil ingin mengonsumsi buah, pilihlah buah yang mudah untuk dikunyah dan kaya akan gizi seperti semangka dan pisang.

4. Keju

Keju juga merupakan makanan yang bisa Anda berikan untuk si kecil. Berikan varian soft cheese cheddar atau mozzarella yang tidak akan memberikan rasa sakit ketika mereka melahapnya.

5. Telur

Telur adalah makanan kaya vitamin dan protein. Anak yang sedang tumbuh gigi bisa menjadikan telur sebagai asupan protein utama karena mereka tidak akan bisa mencerna daging ataupun olahannya. Buatlah seporsi scrambled egg yang lebih lembut dari biasanya dengan tambahkan sedikit air dan keju.

6. Sayuran matang

Anda juga perlu mengajarkan si kecil yang sedang tumbuh gigi untuk mengonsumsi sayuran. Caranya dengan mengonsumsi sayuran yang telah dimasak hingga empuk sehingga tidak perlu membuatnya susah untuk mengunyah. Olah beberapa sayuran seperti wortel, buncis, dan kentang hingga benar-benar empuk lalu potong kecil-kecil dan sajikan untuk si kecil.

yy/health.detik