25 Dzulqa'dah 1443  |  Sabtu 25 Juni 2022

basmalah.png

Konsumsi Folat Agar Anak Tak Ber-Emosi Tinggi

http://melissasuryaningtyas.files.wordpress.com/2009/12/baby-eating.jpg

Kata "folat" tampaknya identik dengan ibu hamil. Padahal, folat sebenarnya diperlukan oleh semua orang. Folat, yang merupakan bentuk vitamin B yang larut dalam air ini, dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan. Ia membantu menumbuhkan sel-sel baru, sehingga terutama memang dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayinya. Pada ibu hamil, folat diperlukan untuk membantu mengurangi risiko cacat pada otak dan saraf tulang belakang pada bayi.

Meskipun demikian, anak-anak, remaja, pria, dan orang lanjut usia juga butuh asupan folat yang cukup, karena pada dasarnya semua orang akan membuat sel-sel baru setiap hari. Folat dibutuhkan untuk membuat sel-sel darah merah yang sehat. Jika asupan folat Anda kurang, sel-sel darah merah tidak dapat membelah dengan sempurna, yang dapat menyebabkan anemia.

Kekurangan asam folat menyebabkan bayi lahir dengan bibir sumbing, bayi dengan berat badan rendah, Down's Syndrome, dan keguguran. ''Bayi mengalami kelainan pembuluh darah. Rusaknya endotel pipa yang melapisi pembuluh darah, menyebabkan lepasnya plasenta sebelum waktunya.''

Kelainan lainnya adalah bayi mengalami gangguan buang air besar dan kecil, anak tidak bisa berjalan tegak dan emosi tinggi. Pada anak perempuan saat dewasa tidak mengalami menstruasi.

Pada ibu hamil kekurangan folat menyebabkan meningkatnya risiko anemia, sehingga ibu mudah lelah, letih, lesu, dan pucat.

Berapa asupan folat yang dibutuhkan oleh manusia sesuai umurnya?
* Bayi 0-6 bulan: 65 mikrogram/hari, 7-12 bulan: 80  mikrogram/hari
* Anak 1-3 tahun: 150-300  mikrogram/hari, 4-8 tahun: 200-400  mikrogram/hari
* Pria 14-18 tahun: 400-800  mikrogram/hari, 19-70 tahun: 400-1000 mikrogram/hari
* Perempuan 14-18 tahun: 400-800  mikrogram/hari, 19-70 tahun: 400-1000  mikrogram/hari
* Ibu hamil, 600-1000  mikrogram/hari
* Ibu menyusui, 500-1000  mikrogram/hari
Sumber: Dietary Reference Intakes

Semua perempuan usia produktif membutuhkan 400 mikrogram (0,4 miligram/mg) atau asam folat setiap hari. Itu berarti, remaja perempuan yang tubuhnya mulai berubah juga butuh asam folat (bentuk vitamin sintetis dari folat) untuk mempersiapkan diri menjadi ibu suatu hari nanti.

Manfaat lain folat

Penelitian menunjukkan bahwa asam folat bisa membantu mengurangi risiko cacat lahir lainnya, seperti jantung, wajah, saluran kemih, dan anggota tubuh lainnya. Folat juga membantu menurunkan risiko beberapa kondisi dan penyakit seperti:

* Penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

* Beberapa jenis kanker seperti kanker payudara dan kanker serviks.
* Penyakit yang mempengaruhi fungsi otak dan mental seperti Alzheimer, demensia, dan depresi.
* Manfaat folat juga terlihat pada perempuan yang memiliki faktor risiko untuk penyakit, seperti riwayat keluarga (kanker payudara), asupan alkohol yang tinggi (kanker payudara), atau infeksi HPV (kanker serviks).

Seperti telah disebutkan sebelumnya, setiap orang membutuhkan asupan folat setiap hari. Sumber terbaik folat adalah dari bahan makanan alami, meskipun kita juga bisa mengonsumsi asam folat dalam bentuk vitamin sintetisnya.

Kita juga telah mengetahui berapa banyak mikrogram folat yang dibutuhkan oleh setiap golongan usia. Lalu makanan apa saja yang merupakan sumber folat?

Gandum

Sereal yang dilengkapi folat (untuk sarapan), roti gandum, dan produk olahan gandum lainnya.

Daging dan kacang-kacangan

Telur, salmon, biji bunga matahari, buncis, kacang hijau, kacang mete, hazelnut, walnut, dan kacang tanah (tanpa garam).

Sayuran (sumber folat terbaik)

Kubis, kembang kol, bawang bombay, bekatul, kentang, peterseli, parsnip, terung, dan sayuran berwarna hijau lainnya.

Buah-buahan

Pisang, strawberry, tomat, buah kiwi, alpukat, bit, melon, grapefruit, belewah.

Di luar dugaan kita, susu, yogurt, keju, lemak, minyak, dan gula, ternyata bukan merupakan sumber folat yang baik. Kecuali untuk susu ibu hamil, yang biasanya telah dilengkapi dengan asam folat.

Dalam setiap porsi makanan, jumlah folat yang kita dapatkan adalah:

Jenis makanan     Porsi                        Jumlah (Mikrogram)     % Nilai harian*
Hati ayam               99 gr                          770                                   193
Sereal                     1/2 - 1 1/2 cangkir    100 - 400                         25 - 100
Hati sapi rebus       99 gr                          217                                  54
Kacang lentils         1/2 cangkir              180                                   45
Kacang panjang     1/2 cangkir              141                                   35
Asparagus              1/2 cangkir              132                                   33
Bayam                     1/2 cangkir               131                                     33
Kacang hitam         1/2 cangkir               128                                   32
Kacang merah        1/2 cangkir               115                                   29
Jus tomat                1 cangkir                    48                                    12
Jeruk                        1 medium                  47                                    12
Brokoli                     1/2 cangkir                39                                      10
Roti putih                1 lembar                     38                                     10
* Berdasarkan nilai harian folat untuk 400 mikrogram
(Sumber: Food Values of Portions Commonly Used, 16th edition)

Yang perlu Anda perhatikan, obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi penyerapan folat dalam tubuh. Contohnya obat antibiotik, obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi radang sendi atau kanker, atau anti peradangan. Penggunaan alkohol juga dapat mempengaruhi cara tubuh menggunakan folat.


Orang-orang yang menerapkan diet rendah karbohidrat kemungkinan juga menurunkan asupan folat, karena banyak dari ragam karbohidrat (seperti sereal, roti, pasta, dan nasi merah) yang dilengkapi dengan asam folat.

Wanita yang pernah mengalami cacat tabung syaraf (NTD) juga berisiko tinggi untuk kembali mengalaminya pada kehamilan berikutnya. Pernahkah membayangkan bila bayi lahir dalam kondisi tulang belakangnya berlubang atau kepala tak bertempurung? Jelas kondisi itu sangat menakutkan. Masyarakat kerap kali menghubungkannya dengan masalah magis. Tentu saja hal itu tak benar.

Kondisi tersebut merupakan cacat tabung syaraf (neural tube defect)- NTD. Kelainan janin ini kerap terjadi dan banyak faktor penyebabnya. Kejadian itu berlangsung saat pembentukan janin di dalam kandungan.


NTD mulai terbentuk pada dua hingga empat minggu usia kehamilan. Sementara itu, kehamilan biasanya baru disadari oleh seorang wanita setelah kandungan berusia lima hingga enam minggu.


''Karena itu, perempuan harus sangat memahami hal ini. Bagi mereka yang ingin hamil sebaiknya kehamilannya dipersiapkan sebaik mungkin. Demikian juga berbagai asupan yang mendukung kehamilannya kelak,'' ujar ahli obstetri dan ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr Noroyono Wibowo SpOG.


Tentang betapa penting asam folat bagi ibu hamil, Noroyono menjelaskan bahwa NTD pada kandungan disebabkan banyak faktor. Di antaranya faktor keturunan, obesitas, penderita diabetes tipe satu yang tergantung pada insulin, dan penderita epilepsi yang mengonsumsi obat-obatan penghambat asam folat seperti antiepilepsi. Wanita yang pernah mengalami NTD juga berisiko tinggi untuk kembali mengalaminya pada kehamilan berikutnya.


Tiga jenis NTD yang utama adalah anencephaly (janin tanpa tengkorak kepala), spina bifida (tulang belakang yang tidak tertutup sempurna), dan encephalocele (tonjolan di belakang kepala). Dari ketiga jenis kelainan janin tersebut spina bifida yang paling sering terjadi, sekitar 65 persen.


Sebenarnya NTD bisa dideteksi dengan menggunakan ultra sonografi (USG) ketika janin masih dalam kandungan. USG dilakukan saat kandungan berusia 12-13 minggu. Khusus untuk kasus spina bifida, operasi intrauterin (dalam rahim) untuk menutup lubang pada tulang belakang janin bisa dilakukan saat kandungan berusia 20 minggu.


Walau begitu, pembedahan pada pasien NTD harus dilakukan berkali-kali. NTD pun sering mendatangkan efek berupa kelumpuhan seumur hidup pada anak, kesulitan mengontrol kencing atau feses, problem dalam proses belajar, hydrocephalus (kepala membesar berisi cairan), alergi, dan meningkatnya masalah kesehatan anak seiring dengan bertambahnya usia.


Mengatasi NTD membutuhkan biaya yang sangat besar. Menurut studi di AS, seorang anak memerlukan biaya sebesar 532 ribu dolar AS selama masa hidup untuk mengatasi NTD.


Fungsi asam folat

Dalam masa pembentukan janin, unsur yang paling utama yang dibutuhkan adalah asam folat. Folat banyak terdapat pada segala jenis sayuran hijau. Di samping itu, asam ini juga banyak terdapat pada buah-buahan (jeruk, alpukat), daging, hati, dan ikan.

Karena begitu pentingnya asam folat, Noroyono menyarankan agar mereka yang siap untuk hamil mengonsumsi bahan ini. Menurutnya, asam folat perlu diberikan mulai empat bulan sebelum kehamilan. Ini didasarkan pada kenyataan bahwa banyak wanita tidak tahu pasti kapan dirinya akan hamil.


Pada penyakit kardiovaskular, asam folat akan menurunkan kadar homocysteine dalam darah. Tingginya kadar homocysteine berhubungan dengan tekanan darah tinggi, penyakit-penyakit kardiovaskular, dan stroke. Rendahnya kadar folat mempercepat efek buruk zat-zat karsinogen dalam tubuh.


Asam folat berfungsi sebagai antidepressi. Zat ini dapat meningkatkan gairah kejiwaan seseorang. Orang yang kekurangan asam folat cenderung depresi. Kekurangan asam folat juga bisa menyebabkan kerontokan rambut, kelelahan, insomnia, serta kesulitan mengingat. Folat juga terbukti dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita yang mengonsumsi alkohol.


Folat tergolong vitamin B yang larut dalam air dan cepat rusak bila terpapar panas. Jadi, untuk mengonsumsinya, dianjurkan tak memasak lebih lama atau menyeduhnya dengan air panas. Ketika mengonsumsi asam folat sebaiknya disertai dengan asupan vitamin C, B12, atau B6 untuk mengoptimalkan penyerapannya dalam tubuh.


Selain bagi wanita, asam folat juga sangat dibutuhkan oleh kaum pria. Secara umum asam folat juga berguna bagi semua orang. Zat ini memiliki efek positif terhadap berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit-penyakit kardiovaskular, kanker, mood disorder atau gangguan gairah kejiwaan, serta mengurangi anemia.


Besarnya Kebutuhan


Ahli obstetri dan ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr Noroyono Wibowo SpOG mengungkapkan, mengonsumsi asam folat adalah cara paling murah. Departemen Kesehatan AS, US Department of Health and Human Services, merekomendasikan asupan asam folat sebesar 400 mikrogram per hari bagi semua wanita. Sementara itu, bagi wanita hamil, kebutuhannya semakin tinggi lagi.


Jumlah asupan ini bisa mencegah NTD sebesar 50-70 persen. Sedangkan wanita dengan riwayat NTD sebelumnya memerlukan empat miligram asam folat per hari dan mengonsumsinya empat bulan sebelum kehamilan.


Untuk kebutuhan asam folat harian, memang tak cukup lewat makanan dan asupan sayuran. Karena itu, bentuk asam folat sintetis yang mampu memenuhi kebutuhan hariannya sangat dibutuhkan, apalagi bagi mereka yang hamil.


Kebutuhan bagi wanita usia subur mengonsumsi 400 mikrogram asam folat sintesis merupakan tambahan dari asam folat alamiah. ''Ini karena daya serap tubuh terhadap asam folat alami yang terdapat pada bahan makanan rendah dibandingkan terhadap asam folat sintesis, yaitu setengahnya,'' sambung Noroyono.


Karena itu, wanita perlu mengonsumsi asam folat dalam dosis yang besar 400 mikrogram untuk mencegah kekurangan. ''Jangan khawatir, kelebihan asam folat tidak menimbulkan efek samping karena zat ini larut dalam air.''


Kandungan asam folat pada bahan makanan alami, papar Noroyono, hanya sedikit sehingga perlu mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang sangat banyak. Karena itu, katanya, cara praktis untuk memenuhi kebutuhan folat adalah melalui suplemen dan makanan berfortifikasi (asam folat sintesis).


Di negara-negara tertentu, salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan asam folat dilakukan melalui fortifikasi (memperkaya) makanan dengan asam folat seperti pada roti. Hal ini belum bisa dilakukan di Indonesia karena harganya yang mahal. Tepung terigu telah difortifikasi mengandung asam folat,'' jelas Dr Tim Green PhD dari Department of Human Nutrition University of Otago New Zealand. Hanya saja hati sapi mengandung vitamin A cukup tinggi. Pemberian vitamin A pada ibu hamil sangat tidak dianjurkan karena menyebabkan gangguan kehamilan. Oleh sebab itu, pengganti hati sapi adalah susu.


Selain sumber makanan yang mengandung asam folat seperti disebutkan sebelumnya adalah susu juga mengandung asam folat tinggi.

SuaraMedia.com