29 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 04 Desember 2021

basmalah.png

Pakaian Nyaman, Anak Tenang

http://3.bp.blogspot.com/_xXgECFFL3Tg/TFfh06RWv0I/AAAAAAAAAJM/ejw-BlvF1SM/s1600/70209_anak_tidur1.jpgMEMBERIKAN yang terbaik bagi bayi dan anak mutlak dilakukan setiap orangtua. Termasuk dalam hal mencukupi kebutuhan pakaian. Pemilihan pakaian yang nyaman akan membuat anak, khususnya bayi, merasa nyaman. Dalam memilih pakaian untuk bayi atau anak tidak boleh asal memilih, bahkan diperlukan tips khusus.

Bahkan menurut para ahli kedokteran, faktor yang menyebabkan bayi sering menangis ataupun tiba-tiba rewel bisa disebabkan ketidaknyamanan pakaian yang mereka gunakan.

Dikatakan oleh Dr Tina Wardhani Wisesa SpKK (K),dokter spesialis kulit & kelamin dari Klinik Sakti Medika Tebet, pemilihan pakaian anak agar anak dapat menggunakannya dengan nyaman ini bisa dimulai dari popok hingga pakaian luar.

”Penggunaan popok pada anak juga harus diperhatikan. Karena popok yang tidak cocok bisa menimbulkan masalah pada kulitnya, seperti ruam pada kulit anak,” ujar Tina dalam acara temu media tentang kesehatan kulit bayi yang diadakan oleh Huggies Ultra beberapa waktu yang lalu.

Tina menjelaskan, ruam popok disebabkan oleh penggunaan popok yang salah sehingga terjadi iritasi yang dipicu oleh urine dan feses bayi. Urine dan feses bayi pada kulit bayi yang tertutup popok, akan menimbulkan tumbuhnya kuman terutama jamur kandida. Itu sebabnya, pada saat menggunakan popok juga membutuhkan perawatan yang tepat.

”Perawatan kulit bayi mulai dari kegiatan sehari-hari,” ungkap dokter yang juga staf dari Departemen Ilmu Kesehatan Kulit & Kelamin FKUI / RSCM ini.

Tina menuturkan, saat ini para ibu masih beranggapan bahwa bayi lebih baik menggunakan popok tradisional atau popok kain, dibandingkan popok modern. Namun yang perlu diingat adalah, popok kain sebenarnya memiliki daya serap yang rendah sehingga menyebabkan kulit bayi menjadi lembab dan lebih lanjut menyebabkan ruam.

Padahal, popok yang ideal adalah popok yang mempunyai daya serap besar (superabsorbent), dapat menyerap cairan tanpa mengganggu aliran udara, dan terdapat indikator daya tampung.

Koran SI/Koran SI/ftr/Okezone.com