pustaka.png
basmalah.png


3 Dzulqa'dah 1442  |  Minggu 13 Juni 2021

Kiat Agar Si Kecil Cepat Terlelap

http://2.bp.blogspot.com/_qMV8lRcJOfM/SodkJrb6SUI/AAAAAAAAAD0/wmDuaL6wfLk/s400/bayi+tidur.jpgPengalaman memiliki bayi adalah hal yang sangat menyenangkan sekaligus melelahkan. Bagaimana tidak, ketika orang lain sudah terlelap, Anda masih harus menenangkan bayi yang terbangun setiap jam.

Malam-malam pun selalu dipenuhi dengan tangisan bayi. Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk membuatnya tertidur pulas? Ikuti saja tiga trik berikut yang diberitakan dari laman Shine:

1. Jadikan rutinitas
Bayi yang tidur di waktu yang sama setiap malam cenderung tidak memiliki masalah sulit tidur dan mudah lelap. Jika bayi Anda mengalami sulit tidur, cobalah memandikannya dengan air hangat dan berikan pijatan dengan pelembab sebelum waktu tidur. Jika si kecil terbiasa tidur di waktu yang sama, ia akan terlelap sebelum Anda menidurkannya.

Anda juga dapat menggunakan ayunan atau kain gendongan bayi, sambil melakukan aktivitas lain di rumah. Atau, tidurkan si kecil di sebelah Anda sambil berikan sentuhan lembut pada kulitnya. Cara ini membuatnya lebih tenang sehingga ia akan lebih cepat tertidur.

2. Berikan cemilan malam
Memberinya susu atau cemilan berbentuk cair hingga si kecil terlelap juga bisa jadi cara ampuh untuk membuatnya cepat tertidur. Namun, jangan pernah meninggalkannya tertidur dengan botol di mulutnya. Karena, akan menyebabkan kerusakan pada gigi dan telinga.

3. Ciptakan rasa nyaman
Coba juga untuk menaruh bayi dekat dengan tempat tidur, sehingga Anda dapat terus mengawasi. Pastikan suhu kamar tidak terlalu panas atau pun dingin.

Intinya adalah, bayi Anda harus selalu merasa nyaman. Dengan rasa nyaman, ia akan cepat tertidur lelap.

Bisa juga dengan cara-cara di bawah ini:

  • Atur waktu tidur. Latih bayi agar tidur dalam jam yang sama. Misalnya, ia tidur jam 8 malam. Keesokan harinya, Anda sudah siap untuk menina bobokkan bayi pada jam 8 malam juga.

  • Sentuhan mesra. Sentuhan sebelum tidur dapat membuat bayi merasa nyaman dan tidurnya lelap. Setuhlah mulai dari arah kaki, terus sampai ke bagian badan. Pijatan di sini lebih kepada sentuhan ringan dan pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih. Suhu ruang kamar agar tidak terlalu panas.

  • Banyak makan di siang hari. Porsi makan dan minum siang lebih banyak pada siang hari akan membuatnya kenyang, sehingga malam hari ia tidak banyak bangun untuk menyusu.

  • Suara ibu yang merdu umumnya akan menyejukkan perasaan bayi. Coba untuk mendendangkan lagu atau membacakan cerita menjelang tidur.

  • Pasang lampu redup dan suasana tenang. Anda dapat memasang lampu redup pada malam hari dan hindari suasana hiruk pikuk di kamar.

  • Kalau terbangun malam hari, susui dan biarkan kamar tetap dalam suasana remang-remang agar ia tahu bahwa malam hari adalah waktu untuk tidur. Jangan membangunkan bayi dengan sengaja hanya untuk menetek / minum susu

  • Ganti diaper. Hindari untuk mengganti diaper malam hari saat tidur (kecuali ia buang air besar, tentunya).

  • Perhatikan pakaian. Sebaiknya bayi tidak mengenakan baju yang terlalu longgar atau sempit dan kenakan baju tidur dari bahan yang menyerap keringat. Kalau udara dingin, kenakan baju yang berlengan dan celana panjang.

fn/vs/ab/suaramedia.com