5 Jumadil-Awal 1443  |  Kamis 09 Desember 2021

basmalah.png

Deteksi Autisme Bisa sejak Bayi

http://1.bp.blogspot.com/_DnmjuQRMFfc/S5mmghf73HI/AAAAAAAABnk/MvDcgO-6fy4/s400/baby+vaccinated.jpgPARA orang tua kerap menemui kendala untuk menentukan apakah bayi yang dilahirkan memiliki kecenderungan autistik. Cara yang paling gampang tentu saja memeriksakan anak ke dokter.

Hasil temuan para dokter anak di San Diego, Amerika Serikat, bisa menjadi pegangan bagi para orang tua. Baru-baru ini, para dokter anak melakukan tes terhadap lebih dari 10 ribu bayi yang diperiksa selama setahun terkait bagaimana saat mengedot, mimik mereka, dan interaksi terhadap orang lain.


Riset yang dipublikasikan Kamis (28/4) itu menyebutkan bahwa satu dari 100 anak di AS memiliki kecenderungan autistik. Gejala autisme bisa diketahui dari ciri-ciri yang sulit dideteksi hingga ciri-ciri yang kentara pada perilaku, komunikasi, dan sosialisasi bayi.


Ada gejala-gejala yang perlu diwaspadai orang tua karena hal itu menunjukkan anak berkecenderungan autistik. Pertama, bayi tidak memberi perhatian balik saat dipanggil. Kedua, bayi hanya tersenyum kepada ibunya, tidak mau kepada orang lain. Ketiga, bayi suka mengulang perilaku misalnya memutar-mutar roda mobil-mobilan.

mediaindonesia.com