20 Jumadil-Akhir 1443  |  Minggu 23 Januari 2022

basmalah.png
BALITA

Usia 18 Bulan Belum Bicara, Normalkah?

Usia 18 Bulan Belum Bicara, Normalkah?TANYA: Dok, apakah normal jika anak belum bisa mengucapkan sepatah kata pun di usia menjelang 18 bulan. Apa yang harus kami lakukan sebagai orangtua? Stimulasi apa yang sekiranya dapat memancing anak segera dapat bicara, dan apakah terdapat kelainan bilamana diusia 18 belum bisa bicara? Mohon penjelasannya. Terima kasih. Agus Warisno, Bandung.

JAWAB: Bapak Agus yang baik, Sebenarnya saat usia 18 bulan, si kecil sudah mulai dapat merangkai kata-kata dasar menjadi 1 kalimat sederhana. Sayang sekali bapak tidak mencantumkan bagaimana responnya bila ia menginginkan sesuatu atau ketika diajak berbicara dan perkembangan psikomotorik lainnya.

Keterlambatan bicara (delayed speech) dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya stimulasi untuk komunikasi 2 arah, terlalu banyak jenis bahasa yang digunakan dalam keluarga, terlalu sering menonton televisi (hanya stimulasi 1 arah), gangguan pendengaran, dan sebagainya. Sebaiknya segeralah Bapak berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu penyebab pastinya agar dapat dilakukan upaya penatalaksanaannya.

health.kompas.com