15 Syawal 1443  |  Selasa 17 Mei 2022

basmalah.png

Bayi ke-7 Miliar akan Lahir Oktober

Bayi ke-7 Miliar akan Lahir Oktober Pada bulan depan, Oktober 2011, bayi yang merupakan penduduk dunia ke-7 miliar akan lahir. Ini tentu menggambarkan semakin meningkatnya populasi dunia.

Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pun memberikan tanggapannya. Sehubungan dengan besarnya jumlah populasi dunia tersebut, ada 5 hal penting yang perlu diperhatikan setiap negara yakni pembangunan berkelanjutan, pencegahan, menciptakan keamanan dunia, bantuan bagi negara yang mengalami transisi, dan peran penting perempuan.

Kelima poin itu disampaikan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada Pembukaan General Debate Sidang Majelis Umum PBB ke-66 di New York Selasa (21/09).

Moon menyebutkan, from the power come responsibility. Ini berarti masalah kependudukan penting untuk dibahas bersama karena akan menjadi perhatian seluruh warga dunia.

Dalam acara itu, Presiden Amerika Serikat Barrack Obama menyatakan, salah satu dasar berdirinya PBB adalah untuk menciptakan perdamaian dunia. Dalam hal ini, perdamaian bukan hanya bebas dari perang. Ia pun menjabarkan bahwa AS telah melakukan banyak upaya untuk mewujudkan perdamaian yaitu pembebasan kemiskinan, bantuan kemanusiaan pada bencana dan kelaparan, kegiatan kesehatan, menyelamatkan lingkungan, kebebasan beragama, dan kebebasan mencintai (gay dan lesbian).

Hal tersebut disampaikan Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI Prof Dr Tjandra Yoga Aditama seperti dikutip dari Depkes.go.id.

Ia pun menambahkan, sudah banyak kemajuan dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia yang menjamin kebebasan yang berkelanjutan, martabat, dan kemakmuran. Namun, hingga kini permasalahan yang dapat mengancam perdamaian dunia masih ditemukan. Karena itu, perdamaian adalah kerja keras.

Prita Daneswari
mediaindonesia.com