20 Jumadil-Akhir 1443  |  Minggu 23 Januari 2022

basmalah.png
BALITA

Balita Tak Pernah Tidur Siang Berpotensi Terganggu Kesehatan Mentalnya

Balita Tak Pernah Tidur Siang Berpotensi Terganggu Kesehatan MentalnyaFiqhislam.com - Balita yang jarang tidur siang, berefek tak baik bagi perkembangan kesehatan mentalnya. Balita tersebut akan lebih stres, tak bahagia, dan beresiko besar terganggu kesehatan mentalnya, saat ia besar nanti.

Berdasarkan penelitian dari  University of Colorado Boulder, AS, balita yang tidur siang saja,bisa menjadi lebih cemas dan kurang tertarik pada dunia di sekitar mereka.

Ke depannya, mereka menjadi tidak senang, meskipun sedang berada di acara bahagia. Selain itu, mereka juga selalu kesulitan mengatasi stres yang terjadi pada mereka.

Hal ini terjadi karena tidur siang, adalah cara melampiaskan perasaan lembut sang balita, dengan cara yang berbeda.  Dan, tidur siang yang kurang, bisa menyebabkan rusaknya suasana hati seumur hidupnya..

Menurut penelitinya,  Profesor Monique LeBourgeois, Balita yang diteliti ini, berusia dua hingga tiga tahun. Metode penelitiannya, adalah dengan merekam dan memfilmkan ekspresi para balita ini ketika mereka tidur siang.

“Terlihat berbeda jika satu hari saja sang bayi tidak tidur siang,” ujarnya, seperti dikutip Dailymail, Sabtu (7/1).

Hasil penelitian, menunjukkan bahwa balita yang lelah dan tidak tidur siang, tak banyak  yang berhasil menyelesaikan teka-teki yang diujikan. Selain itu, juga kurang positif dalam merespons emosional mereka.

Penelitian ini menunjukkan, kurang tidur siang, bisa menyebabkan mereka berekspresi dengan berbeda. “Dan dari waktu ke waktu, dapat membentuk perkembangan otak emosional mereka,” ujarnya.

Risiko jangka panjangnya, kurang tidur siang membuat mereka pada risiko seumur hidup,  yaitu suasana hati yang berhubungan dengan masalah. “Sama seperti gizi yang baik, tidur yang cukup merupakan kebutuhan dasar, " ujarnya.

 


Si Kecil Gampang Stress? Bisa Jadi Kurang Tidur Siang

Si Kecil Gampang Stress? Bisa Jadi Kurang Tidur SiangJangan sepelekan manfaat tidur siang bagi balita anda. Studi terkini membuktikan kebiasaan jarang tidur siang bahkan bisa berefek buruk bagi si kecil.

Kebiasaan itu bakal mempengaruhi perkembangan mental, balita lebih rentan stres dan terganggu kesehatan mentalnya saat besar nanti. Berdasarkan penelitian dari  University of Colorado Boulder, AS, balita yang kehilangan hanya satu tidur siang saja,bisa menjadi lebih cemas dan kurang tertarik pada dunia di sekitar mereka.

Ke depan, mereka menjadi tidak senang, meskipun sedang berada di acara bahagia. Selain itu, mereka juga selalu kesulitan mengatasi stres yang terjadi pada mereka.

Kondisi itu timbul karena tidur siang adalah cara melampiaskan perasaan lembut sang balita, dengan cara yang berbeda. Bila tidur siang  kurang maka berisiko menyebabkan rusaknya suasana hati seumur hidupnya.

Menurut salah seorang peneliti, Profesor Monique LeBourgeois, untuk sampai pada kesimpulan itu, ia bersama koleganya meneliti balita berusia dua hingga tiga tahun. Metode penelitiannya, adalah dengan merekam dan memfilmkan ekspresi para balita ini ketika mereka tidur siang. “Terlihat berbeda jika satu hari saja sang bayi tidak tidur siang,” ujarnya, seperti dikutip Dailymail, Sabtu (7/1).

Hasil penelitian, menunjukkan bahwa balita yang lelah dan tidak tidur siang banyak yang tak berhasil menyelesaikan teka-teki yang diujikan. Selain itu, mereka juga kurang positif dalam memberi respon emosi.

Penelitian ini menunjukkan, kurang tidur siang, bisa menyebabkan mereka berekspresi dengan berbeda. “Dan dari waktu ke waktu, dapat membentuk perkembangan otak emosional mereka,” ujarnya.

Resiko jangka panjangnya, kurang tidur siang membuat mereka memiliki suasana hati yang bermasalah di seumur hidupnya. “Sama seperti gizi yang baik, tidur yang cukup merupakan kebutuhan dasar, " ujarnya.

republika.co.id