pustaka.png.orig
basmalah.png


10 Dzulqa'dah 1442  |  Minggu 20 Juni 2021

Panduan Mengatur Jadwal Makan Bayi 6 Bulan hingga 1 Tahun

Panduan Mengatur Jadwal Makan Bayi 6 Bulan hingga 1 Tahun

Fiqhislam.com - Sebagian ibu mungkin bingung dengan cara mengatur jadwal makan bayi 6 bulan hingga 1 tahun. Catat ya, karena memberikan makan kepada si kecil itu tidak boleh sembarangan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ibu baru saat mengurus anak. Seperti jadwal makan, porsi, serta cara pemberiannya.

Bayi tidak boleh dipaksa, sebab akhirnya bisa saja dia membuang makanan tersebut saat disuapi. Makanya mengatur jadwal makan untuk bayi menjadi hal yang penting.

Tentu jadwal itu berguna bagi ibu untuk mengetahui kapa bayi lapar dan kenyang. Selain itu, ibu juga bisa mengetahui apa yang dirasakan sang anak dan apa yang bisa dilakukannya.

Meskipun pemberian makanan ini sebuah kewajiban demi keberlangsungan hidup, akan tetapi bukan sebatas kualitas dan kuantitas. Ada kegiatan interaktif dari anak dan pemberi makan.

Tahu enggak Moms, dilansir Okezone dari situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Rabu (1/7/2020), regulasi rasa lapar maupun kenyang dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Selain itu, perlu juga membangun regulasi internal agar anak mampu menyadari saat ia merasa lapar dan kenyang di dalam dirinya.

Perlu diperhatikan juga, ada rasa lapar terkait dengan masa pengosongan lambung. Adapun upaya membangun regulasi internal dengan cara mengatur jadwal makan sesuai dengan masa pengosongan lambung.

Anak memerlukan makan sebanyak 3 kali sehari, 1-2 kali snack, dan ASI/susu sebanyak 2-3 kali. Okezone merangkum contoh jadwal makan untuk bayi 6 bulan hingga 1 tahun sebagai berikut.

Contoh jadwal makan

06.00 ASI

08.00 Makan pagi

10.00 Makanan selingan

12.00 Makan siang

14.00 ASI

16.00 Makanan selingan

18.00 Makan malam

21.00 ASI

02.00 ASI bila perlu

[yy/okezone]

 

 

Tags: 6 Bulan | 1 Tahun | Bayi