<
pustaka.png
basmalah.png

》BALITA

Bahaya Pola Makan Vegetarian pada Balita

Fiqhislam.com - Orangtua manapun pasti menginginkan anak mereka tumbuh dengan sehat. Beragam cara dilakukan, dari memberikan jenis makanan sehat atau bahkan membuat anak mengadopsi pola makan vegetarian.

Meski pola makan vegetarian baik untuk kesehatan, namun tidak boleh sembarangan diberikan, terutama pada bayi dan balita.

Berikut adalah informasi penting sebelum Anda beranjak membiasakan buah hati mengkonsumsi pola makan vegetarian, seperti yang dikutip dari msn.com.

1. Saat berusia enam bulan, bayi cenderung kehilangan zat besi. Maka dari itu disarankan para orangtua untuk memberikan makanan pengganti ASI, seperti sereal atau makanan lembut yang mengandung daging.

2. Bayi maupun balita berisiko terserang anemia jika tidak menerima makanan yang seimbang bagi tubuhnya. Oleh karena itu mereka juga memerlukan zat lemak dalam daging, telur, maupun ikan, untuk pertumbuhan sel myelination di dalam sel syaraf axon yang terhubung langsung dengan neuron di otak.

3. Di usia 12 bulan, bayi disarankan mengonsumsi susu sapi atau yogurt yang berperan dalam membantu proses pertumbuhan.

Meski terdapat  beberapa bahan makanan nabati yang baik untuk memenuhi asupan zat besi, seperti kacang-kacangan, apricot, brokoli, pear dan bayam. Namun terlalu dini rasanya untuk menerapkan pola makan vegetarian. Karena dikhawatirkan dapat membuat anak kekurangan zat lemak yang penting bagi pertumbuhannya.

metrotvnews.com

 

top