fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


30 Sya'ban 1442  |  Senin 12 April 2021

Waspadai 7 Produk Bayi Yang Bisa Berpotensi Berbahaya

Waspadai 7 Produk Bayi Yang Bisa Berpotensi BerbahayaFiqhislam.com - Semua bayi menyukai mainan. Faktanya, beberapa mainan bayi aman dimainkan dan dapat merangsang indera pada bayi. Seperti mainan balok warna dengan berbagai bentuk, itu dapat mengembangkan penglihatan mereka.

Namun, tahukah Anda, beberapa mainan bisa berbahaya untuk bayi dan harus dijauhkan darinya. Seperti dilansir dari Boldsky, berikut beberapa produk bayi yang harus dihindari oleh semua orang tua.

1. Mainan dengan baterai
Beberapa mainan kecil yang menggunakan baterai, mungkin dapat menghibur dan membuat bayi Anda sibuk dengan mainannya. Tetapi, jika bayi Anda secara tidak sengaja menelan mainan tersebut, ia akan merasa tercekik dan pada akhirnya bisa berakibat fatal.

2. Baby walker
Kebanyakan orang tua membeli baby walker untuk bayinya agar mereka bisa belajar berdiri dan berjalan. Tapi, baby walker tidak aman seperti kelihatannya.

Sebuah penelitian menunjukkan, cedera yang disebabkan oleh baby walker lebih umum meskipun tidak terlalu parah. Misalnya bayi akan cedera seperti tip overs, jari terjepit, dan kecelakaan tangga yang lebih sering terjadi.



3. Car seat toys
Car seat toys merupakan boneka dan beberapa bentuk yang digantungkan di depan bayi Anda saat perjalanan panjang. Mereka akan terhibur dan memainkannya selama perjalanan berlangsung. Namun, tahukan Anda bahwa mainan ini tidak aman?

Ketika dia senang dengan mainannya, bayi akan meraihnya dan menarik mainan gantung tersebut. Hal itu dapat membahayakan bayi Anda karena cenderung akan mengenai wajah bayi saat ia mencoba menariknya.

4. Bagian mainan kecil
Setiap mainan pasti punya bagian-bagian tertentu, misalkan mobil-mobilan atau boneka. Sebenarnya mainan ini wajar-wajar saja digunakan, namun akan sangat berbahaya jika ada bagian-bagian kecil yang bisa tersangkut di hidung atau masuk ke dalam mulut anak Anda. Maka dari itu, Anda harus memperhatikannya.

5. Crib Bumper
Sebagian dari Anda pasti menggunakan crib bumper atau keranjang bayi ini. Banyak orang tua yag berpikir, bumper dapat mencegah si bayi keluar dari tempat tidurnya. Tapi sayangnya, hal ini cukup membahayakan.

Pasalnya, bayi yang tidak bisa keluar dari bumper akan menjadi terjepit posisinya. Hal itu bisa membuatnya lemas bahkan mati mendadak karena kelelahan untuk mengubah posisinya. Ini berkaitan dengan sindrom kematian bayi yang mendadak.

6. Kelambu bayi
Kelambu bayi diharapkan mampu melindung anak Anda dari nyamuk dan serangga nakal. Namun, menurut American Academy of Pediatrics (AAP), kelambu bayi dapat berpotensi berbahaya, terutama selama keadaan darurat ketika Anda harus melepaskan bagian atas kelambu dan mengeluarkan bayi Anda.

7. Sleep Positioner
Sleep positioner adalah kasur atau bantal yang didesain antislip agar posisi bayi tidak berubah saat si bayi tidur. Menurut Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat, Sleep positioner dapat berbahaya bagi bayi Anda. Ini dapat membuat bayi Anda lemas dan bisa mengakibatkan kematian.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menunjukkan bahwa setidaknya 13 bayi telah meninggal sejak 1997 ketika berbaring dalam posisi tidur yang ditentukan.

Untuk itu, sebelum Anda membeli mainan, Anda perlu melalukan tips berikut.
1. Hindari bagian mainan yang diameternya kurang dari 1,75 inci.
2. Hindari mainan yang dioperasikan dengan baterai.
3. Hati-hati terhadap mainan dengan pegangan panjang karena bayi mungkin memasukkannya ke mulut dan tersedak.
4. Hindari menggunakan mainan buaian. [yy/republika]