fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


5 Ramadhan 1442  |  Sabtu 17 April 2021

Tips Mengantarkan Bayi Tidur Tenang

Fiqhislam.com - Bayi yang baru lahir biasanya tidur hingga 17 jam sehari. Tetapi waktu tidur itu sering tidak tetap. Terkadang mereka tidur selama dua sampai empat jam sehari. Hasilnya Anda dan bayi kelelahan.

Tips Mengantarkan Bayi Tidur TenangBayi memang menghabiskan banyak waktu dalam gerakan mata tidur cepat (REM) yang diperlukan untuk pengembangan luar biasa pada otak. Nah, pada usia 6 sampai 8 minggu, bayi mulai tidur lebih pendek di siang hari dan lama pada malam hari.

Lalu bagaimana membangun kebiasaan tidur yang baik bagi bayi. Berikut ini ulasannya dari Direktur Sleep Disorders Center di Children Hospital Philadelphia dan penulis Sleeping Through the Night Jodi Mindell:

Pelajari tanda kelelahan
Selama enam sampai delapan minggu pertama, bayi tidak mampu terbangun lebih dari dua jam. Jadi perhatikan tanda-tanda kelelahannya. Apakah ia menggosok mata, menarik telinga atau lebih rewel dari biasanya?

Mulai mengajari perbedaan siang dan malam
Begitu bayi berumur sekitar 2 minggu, Anda mulai bisa mengajarkannya perbedaan siang dan malam. Ketika dia terjaga di siang hari, seringlah berinteraksi dengannya sebanyak mungkin. Ciptakan lampu kamar yang terang. Malam harinya saat ia terbangun, rendahkan pencahayaan dan kurangin kebisingan.

Pertimbangkan memulai rutinitas tidur
Lakukan hal sederhana seperti menyanyikan lagu pengantar tidur dan memberinya ciuman selamat malam.

Beri dia kesempatan tidur sendiri
Saat usia 6 sampai 8 minggu, berikan kesempatan untuk tidur sendiri. Ketika dia mengantuk usahakan Anda masih terjaga.

mediaindonesia.com