10 Muharram 1444  |  Senin 08 Agustus 2022

basmalah.png

Pentingnya Sumber Probiotik untuk Pertahanan Tubuh Anak

Pentingnya Sumber Probiotik untuk Pertahanan Tubuh Anak


Fiqhislam.com - Probiotik selalu dibutuhkan untuk menjaga sistem pertahanan tubuh. Tak hanya pada orang dewasa, bayi dan anak-anak juga butuh.

Di setiap tubuh manusia pasti memiliki berbagai macam bakteri. Ada dua macam bakteri di dalam tubuh yaitu bakteri baik dan jahat. Istilah lain dari bakteri baik yakni probiotik. Biasanya probiotik penting untuk melindungi, dan memelihara kesehatan sistem pencernaan tubuh.

Probiotik juga mempunyai berbagai jenis, tapi ada tiga probiotik yang telah dibuktikan dengan klinis. Meliputi Lactobacilus reuteri, Bifidobacterium lactics, dan Lactobacillus rhamnosus.

Lactobacilus reuteri merupakan jenis bakteri baik, yang bisa menghindari kolik. Bifidobacterium lactics juga mampu membantu mengurangi diare, dapat membuat sistem imunitas semakin kuat, dan membuat respon imunisasi berkembang secara sempurna.

Bakteri lactobacillus rhamnosus punya manfaat untuk mengurangi risiko alergi seperti kemerahan. Bakteri ini mampu mempermudah saluran pernapasan serta melancarkan saluran pencernaan.

Menurut Prof Yvan Vandenplas, memberikan probiotik pada anak harus lebih awal. Karenanya, sangat penting untuk pencernaan, terlebih sejak usia bayi.

"Probiotik awalnya didapatkan dari ASI seorang ibu. Sayangnya, ada beberapa anak yang tidak mendapatkan ASI eksklusif, dan ibu harus bisa mencari penggantinya yang mendekati standar. Seperti susu yang memiliki kandungan probiotik," ujar Prof Yvan di Ayana MidPlaza, Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis, 29 November 2018.

Dokter Spesialis Anak, Dr. dr. Ariani D Widodo, SpA(K) menambahkan, selain dari ASI, probiotik bisa didapatkan dari makanan pendamping ASI. Seperti yoghurt, pisang, susu, dan gandum.

”Setidaknya harus ada 85% probiotik di usus untuk pencernaan demi tumbuh kembang anak," ujar dr Ariani.

Dokter Ariani menyebutkan, peran probiotik dalam tubuh anak sangat bermanfaat untuk kesehatan. Mulai dari saluran cerna, meningkatkan imunitas serta menunjang perkembangan pada anak. Oleh karena itu, sudah sepatutnya memberikan makanan yang memiliki kandungan probiotik. Hal tersebut penting agar terhindar dari penyakit pencernaan, kolik, dan sebagainya. [yy/okezone]