fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


5 Ramadhan 1442  |  Sabtu 17 April 2021

Menguak Masa Penentu Kualitas Otak Buah Hati

Fiqhislam.com - Anak tumbuh sehat dan cerdas merupakan dambaan setiap orangtua. Karena itu, Anda perlu mengetahui masa pembentukan otak buah hati. 

Menguak Masa Penentu Kualitas Otak Buah HatiOtak buah hati terbentuk sejak di dalam kandungan ibunda. Otak akan terus berkembang hingga bayi menyelesaikan masa usia emasnya. Masa emas bayi pada usia nol hingga lima tahun. Tapi masa emas pembentukan kualitas otak bayi, sejak dalam kandungan hingga usia dua tahun.
 
"Kesempatan menambah pintar otak anak tidak datang dua kali. Sejak masih di kandungan ibu, agar tumbuh penuh, otak anak membutuhkan makanan sehat. Khususnya pada dua tahun pertama ‘masa tahun emas’ anak, menu yang ibu beri menentukan nasib otak anak. Bila gagal terpenuhi pada masa itu, tak tersedia lagi waktu mengoreksinya di kemudian hari," tutur Dr Handrawan Nadesul dalam buku "Membesarkan Bayi jadi Anak Pintar".
 
Optimalisasi tumbuh kembang otak bayi perlu didukung oleh makanan-makanan tertentu dari sang ibunda. Karenanya, ibu harus tahu makanan apa saja yang dapat mendukung kecerdasan otak sang buah hati.
 
"Pertumbuhan otak paling laju dimulai sejak dalam kandungan ibu. Kunci utama pembentukan otak anak ialah protein yang berkualitas. Jangan pernah sampai kekurangan protein. Protein banyak jenisnya. Tidak harus selalu yang mahal," jelas Handrawan.
 
Mengingat masa emas pembentukan kecerdasan otak buah hati sejak dalam kandungan dan usia bayi dua tahun, sebaiknya ibu tidak boleh luput memperhatikan takaran asupan proteinnya.
 
"Ibu hamil yang piring makannya rendah protein, akan menyebabkan otak sang bayi yang dikandungnya tak tumbuh secara utuh. Sama buruknya bila sampai umur dua tahun anak tidak dicukupi kebutuhan proteinnya. Bukan semata takarannya, tetapi juga ditentukan oleh kualitas protein pilihan masakan ibu yang tersaji," tutupnya.

okezone.com