13 Rajab 1444  |  Sabtu 04 Februari 2023

basmalah.png

Bayi Menyusu Lebih Lama Baik untuk Otak

Fiqhislam.com - Menyusui bayi dalam waktu yang lama ternyata baik bagi perkembangan otaknya.

Lantaran itu, WHO menganjurkan setiap bayi mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan. Kemudian, pemberian ASI dilanjutkan dengan menambahkan makanan lain hingga sang bayi berusia dua tahun.

Tim peneliti dari University of Durham di Inggris menemukan fakta bahwa ukuran otak berhubungan dengan ukuran tubuh dan berhubungan dengan apa yang terjadi selama kandungan. Semakin lama ibu mengandung dan menyusui, maka otak anak akan tumbuh lebih besar. Itu dibandingkan dengan anak yang cepat lahir dan proses menyusuinya pun tak lama.

Lama masa mengandung akan menentukan ukuran otak bayi. Sementara memberikan ASI dalam waktu yang lama akan mempengaruhi pertumbuhan otak setelah dilahirkan.

Misalnya, masa mengandung bayi yaitu sembilan bulan dan menyusuinya hingga usia tiga tahun. Pertumbuhan otak sang bayi mencapai volume 1.300 cubic centimeters saat dewasa.

Tak hanya manusia, peneliti pun melibatkan 127 spesies mamalia lain. Satu di antaranya rusa yang memiliki berat badan hampir sama dengan manusia. Masa mengandung rusa hanya tujuh bulan dan masa menyusuinya hingga usia enam bulan. Ukuran otak rusa hanya 220 cc atau enam kali lebih kecil ketimbang otak manusia.

Studi diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

metrotvnews.com