5 Jumadil-Awal 1443  |  Kamis 09 Desember 2021

basmalah.png

Jangan Beri Benzokain pada Bayi Sedang Tumbuh Gigi

Fiqhislam.com - Lembaga Obat dan Makanan Amerika (FDA) melarang keras penggunaan Benzokain untuk bayi yang giginya sedang tumbuh. Penelitian menyebutkan Benzokain bisa mengakibatkan kondisi mematikan.

FDA menyatakan kondisi mematikan itu akan semakin berisiko bila diberikan pada anak di bawah usia dua tahun.

Perlu diketahui, Benzokain adalah obat bius lokal yang ditemukan dibeberapa produk seperti Anbesol, Orajel, Baby Orajel, Obadase, dan Badai. Sebelumnya, penggunaan Benzokain dipercaya mampu menghilangkan rasa sakit pada gusi dan mulut pada bayi yang tengah tumbuh gigi.

Namun, riset terbaru menemukan bahaya Benzokain yang berpotensi mengakibatkan kondisi mematikan disebut methemoglobinemia. Pada kondisi itu, jumlah oksigen yang dibawa melalui aliran darah sangat berkurang.

Peringatan itu berawal pada tahun 2006. Semenjak adanya 26 laporan terkait penggunaan Benzokain yang terkait dengan kasus methemoglobinemia. Didapati bahwa 19 dari kasus, terjadi pada anak-anak, dan 15 di antaranya berusia di bawah 2 tahun.

Sebagai informasi, methemoglobinemia memiliki ciri-ciri seperti kulit pucat atau kebiruan, sakit kepala, dan detak jantung dengan irama yang lebih cepat.

Menurut FDA, ada baiknya para orang tua menggunakan cara yang lebih aman dibanding memberikan obat penghalau nyeri gusi pada anak mereka. Untuk cara tradisional, orang tua bisa mengggosok lembut dengan jari di sekitar gusi anak.

metrotvnews.com