13 Rajab 1444  |  Sabtu 04 Februari 2023

basmalah.png

Mengenal Celotehan Bayi Tahap Awal

Mengenal Celotehan Bayi Tahap AwalFiqhislam.com - Rajin mengajak bayi berbincang ternyata dapat merangsang saraf bayi cepat terhubung. Kemudian juga membuat bayi cepat bisa bicara.

Psikolog Terapis dan Klinis Anak, Fathya Artha Utami, M.Psi menjelaskan, ada tahapan kata yang yang mampu diucapkan bayi sebelum pandai bicara dan memaknai kata.

"Di bawah usia 10 bulan, bayi umumnya sudah bisa mengeluarkan suara. Biasanya terdengar seperti bubling. Yang diucapkan adalah blablabla atau mamama," terang Fathya kepada Okezone usai acara peluncuran buku Anti Panik Mengasuh Bayi, Kamis, 26 Mei 2016.

Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah bayi sudah bisa mengeluarkan kata yang terdengar seperti mengucap huruf vokal, AIUEO. Tanda ini menunjukkan sebentar lagi bayi mulai bisa mengucap kata yang mengandung makna.

"Ketika memasuki usia 10-13 bulan biasanya kata paling mudah yang bisa diucapkan bayi adalah mama, papa, baba. Pokoknya yang pengucapannya pakai bibir mengatup-ngatup," paparnya lebih lanjut.

Pada tahap akhir di usia balita barulah mereka belajar mengucap huruf yang pengucapannya harus menggunakan lidah berbalik-balik. "Seperti 'R', biasanya anak baru bisanya terakhir-terakhir," simpul Fathya. [yy/okezone]