15 Syawal 1443  |  Selasa 17 Mei 2022

basmalah.png

10 Milestone Tahun Pertama Kehidupan Bayi

10 Milestone Tahun Pertama Kehidupan BayiFiqhislam.comBanyak tahap perkembangan penting yang sudah dicapai bayi di tahun pertama kehidupannya ini. Bayi di seluruh dunia memiliki tahap-tahap  perkembangan yang sama. Kenali apa saja kemampuan tumbuh kembangnya sejak usia 0-12 bulan.


1. Tersenyum

Setelah dua bulan banyak begadang dan menangis, di usia sekitar 2 bulan bayi sudah mampu tersenyum kepada Anda. Suara ibunya yang diakrabinya atau saat Anda mengajaknya bercanda bisa memancing responnya untuk tersenyum.

2. Tertawa

Bila Anda mulai bosan dengan tangisan si bayi, sabarlah sedikit karena di usia 4 bulan si mungil itu akan mengeluarkan suara lain, suara tertawa.  Yang menyenangkan, bayi mudah tertawa. Saat Anda bermain "ciluk-ba", menggelitik atau memasang wajah lucu, ia akan langsung tertawa. 

3. Tidur sepanjang malam

Kemampuannya untuk tidur nyenyak sepanjang malam mungkin menjadi milestone bayi yang banyak ditunggu para orangtua baru. Pada umumnya bayi baru bisa tidur anteng semalaman di usia 4-6 bulan.

4. Duduk sendiri

Pada akhir bulan ke-5 bayi umumnya sudah mampu duduk dengan bantuan, entah dengan bersandar di bantal atau ditahan dengan tangannya sendiri. Si kecil biasanya baru mampu bangkit dari tidur dan duduk sendiri di usia 7 bulan.

5. Merangkak

Menginjak usia 7 bulan adalah masa sibuk Anda sebagai orangtua karena harus mengawasi si kecil yang sudah mulai aktif bergerak. Di usia 8 bulan bayi sudah mengembangkan kemampuannya menjadi merangkak dengan kaki dan tangannya, meski ada juga bayi yang merangkak memakai perut atau tidak merangkak sama sekali.

6. Melambaikan tangan

Kemampuannya untuk melambaikan tangan termasuk penting dalam milestone tumbuh kembangnya karena ini adalah ekspresi aktual dari bahasa. Di usia 9 bulan biasanya bayi mulai menemukan kaitan antara suara, gerak tubuh dan arti. Mereka memahami bahwa lambaian tangan berkaitan dengan kata "dadah-dadah". 

7. Memasukkan makanan dengan jari

Di usia 9-12 bulan, bayi sudah mengembangkan kontrol yang baik pada tangan dan jarinya sehingga mereka senang memunguti berbagai benda kecil. Di usia ini mereka juga senang mengeksplorasi rasa dan tekstur, sehingga semua yang dipegangnya juga akan dicoba oleh lidahnya. Karena itu awasi apa saja yang masuk ke dalam mulutnya.

8. Berdiri

Di usia 12 bulan kebanyakan bayi mampu berdiri sendiri tanpa bantuan. Mereka juga mulai berani melangkah meski sambil berpengangan ke tembok atau perabotan. Beberapa minggu atau bulan sebelum mereka mampu berjalan sendiri, bayi akan menghabiskan banyak waktunya untuk "merambat".

9. Berjalan

Ini merupakan milestone yang paling banyak diabadikan orangtua oleh kamera karena kapan ia bisa berjalan biasanya sudah bisa diprediksi dari kemampuannya "merambat". Namun tidak semua bayi bisa berjalan di ulang tahun pertamanya. Jarak yang normal adalah antara 9-17 bulan.

10. Bicara

"Mama", "Dada", adalah kalimat yang mungkin akan ia ucapkan pertama kali dengan jelas. Di usia setahun umumnya bayi mampu mengucapkan sedikitnya satu kata dengan jelas dan aktif menirukan berbagai suara. [yy/kompas/foto: blogspot.com]